Sukabumi Update

Bertambah 2,7 Juta Akibat Pandemi, Pengangguran di Indonesia Kini Jadi 9,77 Juta Orang

SUKABUMIUPDATE.com – Angka pengangguran di Indonesia terus naik. Pandemi menyebabkan jumlah orang tidak bekerja di Indonesia makin besar.

Dikutip dari suara.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan akibat pandemi Covid-19, jumlah pengangguran di Indonesia bertambah. Pada periode Agustus 2020, bertambah 2,67 juta orang sehingga total menjadi 9,77 juta orang.

"Jumlah pengangguran di pedesaan meningkat dari 3,9 juta orang tahun lalu menjadi 4,71 juta orang, pengangguran perkotaan juga mengalami kenaikan yang lebih tinggi yaitu dari 6,2 persen menjadi 8,98 persen," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa, Senin (23/11/2020).

Kemudian terdapat tambahan angkatan kerja baru sebesar 2,36 juta orang. Namun, jumlah itu tak diimbangi lapangan kerja yang hanya bisa menampung 0,31 juta orang.

Sedangkan, dari 29,12 juta angkatan kerja yang terdampak Covid-19, sebanyak 2,56 juta orang telah menganggur.

"Jadi tentu ini akan mempengaruhi tingkat kesejahteraan mereka," kata dia.

Di lihat dari sisi sektor, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia menilai banyak pekerja yang justru sekarang bekerja di sektor informal.

Adapun, pekerja sektor formal turun dari 44,12 persen menjadi 39,53 persen. Sementara, pekerja sektor informal justru naik jadi 60,4 persen.

"Ini tantangan yang harus tetap kita harus selesaikan akibat covid dan covidnya belum hilang jadi kita juga perlu untuk terus waspada agar Covid tetap bisa terkendalikan," kata dia.

SUMBER: SUARA.COM

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI