Sukabumi Update

Tiga Hari Dirawat, Bupati Situbondo Meninggal Dunia Akibat COVID-19

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah dr Abdoer Rahem, Situbondo, Kamis sore, 26 November 2020.

Bupati dua periode itu dinyatakan positif virus corona jenis baru penyebab Covid-19 sejak Selasa, 24 November lalu. Sejak dinyatakan positif, Satgas Penanganan Covid-19 Situbondo Jawa Timur telah melakukan sterilisasi pendopo kabupaten dan ruang kantor bupati.

Melansir Tempo.co, Ketua DPRD Situbondo Edy Wahyudi membenarkan kabar tersebut. "Kami mohon sambungan doa kepada seluruh masyarakat Situbondo, semoga beliau husnul khotimah," kata saat dihubungi wartawan.

Dadang Wigiarto dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan menjalani perawatan medis sejak 24 November 2020 di RSUD dr Abdoer Rahem. Rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Situbondo.

Puluhan pejabat di lingkungan pemkab setempat yang merupakan hasil penelusuran kontak erat dengan Bupati Dadang Wigiarto juga telah menjalani tes usap. Tercatat ada 28 orang pejabat dan staf di sekretariat pemkab dan beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), termasuk sekretaris daerah dites usap.

"Mereka yang menjalani tes usap tak hanya pegawai sekretariat pemkab, namun juga beberapa kepala PD," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Akhmad Yulianto.

Sebelumnya, kata dia, Satgas Penanganan Covid-19 telah melakukan tes usap kepada sembilan orang lainnya yang tinggal di lingkungan Pendapa Bupati Situbondo, termasuk istri bupati, Umi Kulsum. "Dari sembilan orang yang telah dilakukan tes usap, hasil tes usap Ibu Umi negatif," kata Yulianto.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI