Sukabumi Update

JP Morgan Yakin Ekonomi Pulih Tahun 2021, Prediksi IHSG Tembus 6.800

 

SUKABUMIUPDATE.com - Perekonomian nasional bakal pulih tahun depan. Hal tersebut diyakini J.P. Morgan Sekuritas Indonesia setelah pemerintah berencana mendistribusikan vaksin COVID-19 pada tahun 2021. Bahkan lembaga tersebut memperoyeksikan pada akhir tahun depan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat paling tinggi ke level 6.800.

Dilansir dari Tempo.co, berdasarkan laporan riset terbaru yang dipublikasikan lewat Bloomberg, Head of Indonesia Research & Strategy J.P. Morgan Henry Wibowo menyebutkan target IHSG untuk 2021 pada level 6.800 atau potensi kenaikan sebesar 17 persen - 20 persen dari level saat ini.

“Kami memperkirakan pertumbuhan EPS (Earning per Share) pada 2020 dan 2021 sebesar -28 persen dan 34 persen, menggunakan forward earnings multiple saat ini 16,7 kali dengan asumsi tidak ada re-rating/de-rating,” tulis Henry seperti dikutip dari risetnya, Senin, 8 Desember 2020.

Sentimen positif untuk pergerakan IHSG pada tahun depan di antaranya kepastian pemulihan ekonomi setelah vaksin Covid-19 ditemukan. Pandemi yang mereda pun dinilai bakal dapat menarik investor asing untuk kembali masuk ke aset-aset berisiko di negara berkembang, seperti Indonesia.

Penguatan IHSG itu pun sejalan dengan penguatan rupiah yang berpotensi menguat ke level Rp13.500 pada tahun depan dan pertumbuhan ekonomi rebound hingga 4 persen. “Kembalinya aliran dana asing bersamaan dengan pengembangan vaksin akan menjadi pendorong utama di pasar,” tulis Henry.

Henry menyarankan para investor untuk mulai menambah saham-saham berbasis siklikal dengan tetap harus mencermati kualitas dan kekuatan neraca keuangan emiten. Adapun, sektor yang diperkirakan bakal menarik untuk 2021 adalah perbankan, infrastruktur seperti jalan tol, semen, dan traktor, serta telekomunikasi.

Sementara itu, J.P. Morgan menurunkan rekomendasi sektor defensif seperti barang konsumer dan kesehatan menjadi netral. Lembaga itu merekomendasikan sejumlah saham yang dapat dicermati investor pada 2021 yakni: BBCA, BBRI, UNTR, JSMR, INTP, TKM, SCMA, dan PWON.

Sumber: Tempo.co

Editor : Budiono

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI