Sukabumi Update

Gempa Sulbar, Basarnas Catat 84 Korban Meninggal

SUKABUMIUPDATE.com - Badan SAR Nasional (Basarnas) mencatat sebanyak 84 orang meninggal akibat gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat (Sulbar). Perwakilan Basarnas Didik Hamzah mengatakan puluhan korban gempa merupakan penduduk di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju. 

Korban terdiri dari 73 orang di Mamuju dan 11 orang di Majene. "Untuk hasil evakuasi sampai hari ke-4 tanggal 18 Januari pukul 13.30 WITA, telah ditemukan 84 korban dengan kondisi meninggal dunia," ujar Perwakilan Basarnas, Didik Hamzah melalui konferensi pers daring pada Senin, 18 Januari 2021, dikutip dari Tempo.co.

"Didik menjelaskan penambahan jumlah korban jiwa itu berasal dari laporan susulan untuk temuan pada 15 Januari. Hanya saja, data tersebut baru dilaporkan Senin ini dan kemudian diakumulasikan. 

"Jadi data berjumlah 84 ini data yang sifatnya sementara," kata Didik. Lebih lanjut, saat ini, pihaknya beserta TNI, Polri, dan relawan masih terus melakukan pencarian.

Gempa dengan magnitudo 6,2 diketahui terjadi di wilayah Sulawesi Barat, pada 15 Januari 2021 dini hari. Gempa tersebut turut mengakibatkan sejumlah bangunan roboh.

Bangunan yang rusak diantaranya Kantor Gubernur Sulbar, Maleo Town Square, toko, swalayan, hingga Rumah Sakit Mitra Manakarra. Atas bencana gempa tersebut, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat telah menetapkan status tanggap darurat.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI