Sukabumi Update

Anies Baswedan Cerita Pengalamannya Lihat Pasien Covid-19 Meninggal di Rumah Sakit

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, Jakarta Barat pada Ahad, 25 Januari 2021.

Cerita itu ia unggah ke akun Facebooknya. Dalam unggahannya tersebut, Anies menggambarkan bagaimana ia melihat seorang pasien Covid-19 meninggal dunia.

"Pasien itu baru saja ditutup kain putih. Ikhtiar manusia berhenti di situ. Semua alat dilepas, Ia telah jadi jenazah. Kematian dalam kesendirian, tanpa ada keluarga di sampingnya," tulis Anies.

Anies melihat peristiwa itu di ruang kontrol RSUD Cengkareng. Dalam ruangan itu terdapat layar televisi yang menampilkan kondisi kamar setiap pasien yang dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU).

Kondisi itu terlihat pada foto di unggahan yang sama. Terlihat Anies tengah menatap layar televisi yang menampilkan kondisi salah satu pasien yang seluruh tubuhnya sudah ditutup kain putih. 

Tak lama kemudian, kata Anies, ia menemui keluarga pasien Covid-19 itu di depan ruang jenazah.

"Duka mereka terasa teramat dalam. Sesuatu yang tak pernah mereka bayangkan akan terjadi secepat itu. Kebersamaan dan gelak tawa berpuluh tahun keluarga itu, kini tersimpan menjadi kenangan," kata Anies. Jenazah itu pun dikebumikan menjelang maghrib. 

Lewat cerita tersebut Anies mengajak masyarakat untuk menyadari ancaman nyata dari Covid-19. Menurut dia, saat ini kasus Covid-19 paling banyak terjadi pada klaster keluarga. Anies mengatakan mayoritas yang terpapar adalah mereka yang berusia muda, namun, yang paling banyak meninggal adalah berusia tua.

"Teman-teman semua, ini bukan fiksi dan bukan sekadar angka statistik. Ini akhir dari sebuah perjalanan anak manusia yang diterpa wabah: bermula dari tertular COVID-19 dan berujung pada kematian," ucap dia. 

Anies Baswedan pun meminta agar masyarakat taat menerapkan protokol kesehatan manakala harus berkegiatan di luar rumah, seperti mencuci tangan saat pulang ke rumah, memakai masker, dan menghindari kontak fisik dengan anggota keluarga lain.

"Berjarak, tak bersalaman dengan keluarga itu terasa aneh, tapi ingat lah terpisah untuk isolasi bahkan berpisah selamanya itu jauh amat tidak nyaman. Jadi jangan lelah, jangan lengah,” tutur Anies. 

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI