Sukabumi Update

Presiden Jokowi Nilai PPKM Jilid I Tak Efektif

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Jokowi meminta para jajarannya betul-betul turun ke lapangan untuk memastikan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali Jilid II (26 Januari-8 Februari) berjalan efektif.

Dikutip dari Tempo.co, hal itu disampaikan Jokowi dalam rapat internal di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat, 29 Januari 2021. Pernyataan Jokowi ini baru diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Ahad, 31 Januari 2021.

Instruksi ini disampaikan Jokowi karena PPKM Jilid I pada 11-25 Januari dinilai tidak efektif. Mobilitas masyarakat dinilai masih tinggi dan kasus Covid-19 di beberapa provinsi tetap naik. "Saya lihat di implementasinya ini, kita tidak tegas dan tidak konsisten," ujar dia.

Jokowi meminta Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas turut terlibat dan intens berada di lapangan.

Tujuannya, untuk memberikan contoh kedisiplinan serta sosialisasi dengan melibatkan para tokoh masyarakat dan agama mengenai protokol kesehatan sebagai bagian dari kebijakan pembatasan itu.

"Saya minta betul-betul turun ke lapangan. Saya ingin dengar implementasi lapangannya seperti apa. Mungkin nanti Kementerian Agama melibatkan tokoh-tokoh agamanya seperti apa, TNI seperti apa, di Polri seperti apa dan Pak Menko (PMK) nanti yang mungkin bisa men-drive agar ini betul-betul lapangannya terjadi," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta jajaran terkait melibatkan sebanyak-banyaknya pakar dan epidemiolog dalam kebijakan ini. "Saya ingin Pak Menko ajak sebanyak-banyaknya epidemiolog, sehingga dalam mendesain kebijakan itu betul-betul bisa lebih komprehensif," ujarnya.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI