Sukabumi Update

Satgas Sebut Kecamatan Akan Jadi Pusat Komando Penanganan Covid-19 di Daerah

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menjelaskan, pemerintah telah menerapkan pembentukan posko penanganan pandemi di tingkat daerah, yang berada hingga di tingkat kecamatan.

Nantinya posko ini disebut akan berfungsi sebagai pusat komando penanganan Covid-19.

"Posko adalah lokasi atau tempat yang menjadi pusat komando penanganan Covid yang berfungsi koordinasikan, kendalikan, memantau, evaluasi, serta eksekusi penanganan Covid di masing-masing daerah," kata Wiku, Kamis, 4 Februari 2021, dikutip dari Tempo.co.

Di dalamnya, akan terdiri dari TNI, Polri, pemda, dan unsur lain yang digerakkan pemda seperti BPBD, dinkes, dinsos, dinperek, puskesmas, PKK, dan komunitas lain.

Wiku mengatakan secara operasional, fungsi prioritas posko akan mencakup pendorong perubahan perilaku, layanan masyarakat, pusat kendali informasi, hingga menguatkan pelaksanaan 3T (tracing, testing, treatment) di desa.

"Pada prinsipnya, posko-posko yang tersebar secara nasional ini berfungsi permudah proses perubahan perilaku, peningkatan kesehatan dan kesejahteraan serta pemulihan ekonomi," kata dia.

Untuk memastikan keberlangsungan posko daerah, Wiku mengatakan Kementerian Keuangan telah mengalokasikan pendanaan posko penanganan Covid dari dana alokasi umum atau DAU dan dana bagi hasil DBH dari APBD kabupaten/kota.

"Kami harap pemda bersama dengan Kemenkeu mendirikan posko di daerah masing-masing dalam waktu dekat," kata Wiku.

Untuk memastikan pelaksanaannya berjalan efektif, Wiku mengatakan posko di daerah ini juga secara rutin diawasi oleh Satgas Covid-19, Kementerian Dalam Negeri, dan seluruh kementerian/lembaga.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI