Sukabumi Update

Perjalanan KRL Jabodetabek Ditambah, Cek Jadwal Barunya

SUKABUMIUPDATE.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter menetapkan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2021 termasuk KRL Jabodetabek.

Direktur Utama KAI Commuter (KCI) Wiwik Widayanti mengatakan, frekuensi perjalanan dan jadwal baru ini berlaku untuk kereta rel listrik (KRL) dan kereta api lokal di Wilayah 1.

"Mulai 10 Februari 2021 akan diberlakukan jadwal baru perjalanan KRL dan kereta api lokal," kata dia dalam konferensi pers virtual, Jumat, 5 Februari 2021, dikutip dari Tempo.co.

Wiwik mengutarakan penyusunan Gapeka 2021 disesuaikan dengan perkembangan operasional perkeretaapian dan kebutuhan pengguna kereta. KAI Commuter menambah waktu perjalanan dan kereta pada Gapeka 2021.

Jika dibandingkan dengan Gapeka 2019, tahun ini operasional kereta api ditambah dari 1.057 menjadi 1.151 perjalanan. Jumlah loop kereta juga naik dari 90 menjadi 94 dengan perbandingan periode yang sama.

Perubahan ini berlaku untuk KRL lintas Bogor, Bekasi, Parungpanjang, Tangerang, Tanjung Priok, dan feeder Kampung Bandan.

Wiwik menambahkan, pihaknya menambah 24 kereta untuk perjalanan KRL Cikarang menuju Jakarta Kota.

"Karena adanya kereta lokal dari Purwakarta dan Cikampek yang awalnya masuk ke kota Jakarta, saat ini berhenti di Stasiun Cikarang. Kemudian dari Cikarang menuju kota Jakarta menggunakan KRL, sehingga ada penambahan 24 KA di Gapeka 2021," jelas dia.

Perubahan lainnya adalah tidak ada lagi kereta yang berangkat dari Stasiun Maja dan Stasiun Sudimara. Musababnya, menurut dia, dua stasiun itu tidak didesain untuk menjadi lokasi parkir kereta atau stabling KRL.

Walau demikian, penumpang tetap dapat naik-turun dari dan menuju dua stasiun tersebut. KRL Jabodetabek menuju Stasiun Tanah Abang juga tersedia di Stasiun Sudimara pukul 06.34 WIB.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI