Sukabumi Update

Menkes Budi Gunadi: Vaksinasi Covid-19 kepada Lansia Dimulai Besok

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat lansia akan dimulai pada Senin, 8 Februari 2021. Penyuntikan kepada lansia ini dimulai setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan mengeluarkan emergency use otoritation untuk vaksin Sinovac.

“Kami akan mulai insya Allah besok jam 9 pagi,” kata Budi Gunadi dalam konferensi pers daring, Ahad, 7 Februari 2021.

Budi mengatakan target vaksinasi terhadap lansia akan diutamakan kepada orang di atas 60 tahun yang bekerja sebagai tenaga kesehatan. Budi mengatakan mereka diprioritaskan karena relatif lebih rentan terhadap covid.

Budi mengatakan setelah tenaga kesehatan, vaksinasi terhadap lansia memang menjadi prioritas kedua. Sebab, lansia memiliki resiko yang lebih besar mengalami efek fatal akibat covid. Dia mengatakan dari total jumlah orang yang terkonfirmasi positif, sebanyak 10 persennya adalah lansia. Dari jumlah itu, hampir setengahnya meninggal. “Itu membuktikan lansia resikonya tinggi,” kata dia.

Budi berharap vaksinasi Covid-19 terhadap lansia akan mengurangi jumlah pasien yang harus dirawat ke rumah sakit karena kondisi yang memburuk. Dengan begitu, dia berharap beban kerja rumah sakit juga bisa berkurang.

Sumber: TEMPO.CO

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI