Sukabumi Update

Kominfo Soal Pendaftaran Vaksin Covid-19 WHO: Hoaks!

SUKABUMIUPDATE.com - Kominfo kembali merilis data rekap harian soal hoaks vaksin Covid-19. Dari data harian 9 Februari sampai 10 Februari 2021 itu, terdapat 1 kabar bohong yang beredar mengenai pendaftaran vaksin Covid-19 WHO.

Beredar sebuah pesan berantai mengatasnamakan World Health Organization (WHO), yang memberikan informasi terkait pendaftaran vaksin Covid-19 dengan menyertakan link yang diklaim sebagai link pendaftaran vaksin. Narasi pesan tersebut adalah “Organisasi Kesehatan Dunia memberikan vaksin COVID-19 gratis. Saya mendapat vaksin COVID-19 gratis, senang sekali. Keluarga dan teman-teman saya juga sudah divaksinasi. Anda harus mengajukan vaksinasi sesegera mungkin. Klik tautan untuk mengajukan vaksinasi. https:/www.svwa.cn/tiaoban.php?app=yimiao".

Dilansir dari Cek Fakta Liputan6.com, diketahui bahwa informasi beserta link pendaftaran vaksin Covid-19 yang mengatasnamakan WHO pada pesan berantai tersebut adalah tidak benar, dan bukan merupakan pesan yang dikeluarkan oleh WHO. 

Di Indonesia sendiri program vaksinasi Covid-19 hanya diselenggarakan oleh pemerintah, dan untuk saat ini prioritas vaksin untuk tenaga kesehatan terlebih dahulu. 

World Health Organization memberikan himbauan melalui Websitenya who.int, bahwa masyarakat diharapkan berhati-hati terhadap kejahatan Cyber yang memanfaatkan situasi pandemi Covid-19, seperti pesan berantai ini.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI