Sukabumi Update

Moderna dan Sinopharm Disiapkan untuk Vaksin Gotong Royong

SUKABUMIUPDATE.com - Sebentar lagi, dua jenis vaksin Covid-19 akan masuk ke Indonesia yaitu Sinopharm dari Cina dan Moderna dari Amerika Serikat untuk vaksin gotong royong.

Kedua jenis ini rencananya bakal diberikan gratis untuk buruh dan karyawan swasta di perusahaan masing-masing.

"Saat ini Holding BUMN Farmasi sudah mulai menjajaki dan melakukan pembicaraan supply vaksin," kata juru bicara PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, 28 Februari 2021, dikutip dari Tempo.co.

Vaksin gotong royong merupakan program khusus pekerja yang pelaksanaannya menjadi tanggung jawab perusahaan. Program ini berbeda dengan vaksinasi massal gratis yang saat ini berlangsung, yang menggunakan vaksin Sinovac asal Cina.

Adapun program ini diusulkan oleh kelompok pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Tujuannya untuk mempercepat program vaksinasi di kalangan dunia usaha.

Lebih lanjut, Bio Farma sebagai induk holding BUMN Farmasi akan berbagi tugas untuk mendatangkan kedua jenis vaksin. Untuk pengadaan vaksin Sinopharm rencananya jadi tugas PT Kimia Farma Tbk. Sedangkan Moderna akan diurus oleh Bio Farma.

Dengan program vaksin gotong royong ini, diharapkan kekebalan kelompok atau herd immunity dapat segera tercapai. Lalu yang terpenting, Bambang memastikan program ini tidak akan mengganggu jalannya vaksinasi gratis yang sedang berjalan.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI