Sukabumi Update

Bayi Hiu Mirip Wajah Manusia, BBKSDA Sebut Ini Penyebabnya

SUKABUMIUPDATE.com - Heboh penemuan bayi ikan hiu yang bentuknya menyerupai wajah manusia. Hiu tersebut ditemukan Abdullah Ferroh, nelayan asal Desa Papela, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bahkan keunikan dan keanehan bentuk bayi hiu ini menyedot perhatian dunia internasional. Media Amerika Serikat, nypost.com menulisnya dengan judul, “Baby shark with ‘human face’ looks like YouTube character.

Dilansir dari Suara.com, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Timur (BBKSDA NTT) telah menghubungi dan mengirim dokumen bayi hiu itu, kepada dosen dan peneliti ikan/ Ichthyologist Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB Charles PH Simanjuntak.

"Setelah membaca dan memperhatikan hasil pengumpulan informasi oleh petugas RKW Rote, bahwa spesies janin hiu adalah Carcharinus melanopterus atau blacktip reef shark. Spesies ini termasuk kategori rentan dalam daftar merah IUCN," ujar Kepala BBKSDA NTT Timbul Batubara, Minggu (28/2/2021).

Menurutnya, bayi hiu yang diawetkan nelayan itu masih dalam kondisi janin atau fetus, berasal dari dalam tubuh induknya (belum dilahirkan). Bagian lubang atau bulatan adalah organ mata, namun posisinya belum berada pada bagian lateral (sisi tubuh) melainkan ventral (depan).

"Informasi ini sekaligus mematahkan dugaan bahwa kedua lubang adalah hidung. Mata yang tidak bermigrasi saat pembentukan embrio, yaitu berada pada bagian ventral, mengindikasikan adanya cacat bawaan atau congenital abnormalities, atau the birth deformity. Penyebabnya ada beberapa faktor baik karena genetik maupun lingkungan," ucapnya.

Sumber: Suara.com

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI