Sukabumi Update

Presiden Jokowi Datangi Lokasi Bencana di NTT, Pengungsi Akan Direlokasi

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Jokowi meninjau lokasi banjir bandang dan longsor di Adonara, Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (9/4/2021). Jokowi mendapat laporan masih ada sejumlah korban yang belum ditemukan pasca bencana besar tersebut.

"Tadi pagi saya juga meninjau di Kabupaten Lembata dan khusus di Kabupaten Flores Timur yang meninggal dunia ada 71 orang, dan masih dalam pencarian 5 orang," kata Jokowi, seperti dikutip dari Suara.com.

Ia menuturkan, nantinya para pengungsi akan direlokasi ke tempat yang lebih aman pascabencana. Ia juga sudah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera membangun rumah-rumah warga yang hancur akibat banjir bandang.

"Sama seperti yang di Lembata, lokasi yang ada sekarang ini akan kamu geser, kami pindahkan yang nanti segera ditetapkan oleh bupati dan gubernur. Tapi yang jelas Kementerian PU siap untuk membangun rumahnya, secepat-cepatnya," ujar dia.

Tak hanya itu, Kepala Negara juga mengingatkan para pengungsi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yakni menggunakan masker. Hal ini guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Saya melihat yang berkumpul di sini banyak sekali, hati-hati protokol kesehatan semua pakai masker ya. Agar yang namanya Covid-19 tidak semakin menyebar di mana-mana, utamanya di Nusa Tenggara Timur," katanya.

Berdasarkan data yang diterima dari Posko Bencana Nele Lamadike, per 8 April 2021 kemarin diketahui sebanyak 56 warga setempat meninggal, 34 orang mengalami luka-luka, dan 1 orang lainnya belum ditemukan. Di wilayah itu sebanyak 870 orang mengungsi di sejumlah titik pengungsian.

Adapun sebanyak 48 rumah tercatat mengalami kerusakan dengan rincian 9 unit mengalami rusak berat, 9 unit lainnya rusak ringan, dan 30 unit rumah hanyut atau tertimbun longsor. Sementara untuk Kabupaten Flores Timur secara keseluruhan, diketahui sebanyak 71 orang meninggal dunia dan 5 orang lainnya masih dalam pencarian.

Dalam peninjauan, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala Basarnas Henri Alfiandi, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, dan Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon.

Sumber: Suara.com

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI