Sukabumi Update

Kilang Minyak Pertamina kembali Terbakar, Kali Ini Tangki RU IV Cilacap

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu tangki di area kilang minyak Pertamina RU IV Cilacap terbakar pada Jumat (11/6/2021) malam. Kebakaran diduga terjadi pada pukul 19.45 WIB.

Informasi mengenai kebakaran tersebut tersebar cepat melalui jejaring sosial perpesanan. Terdapat sedikitnya 3 potongan video dengan durasi pendek yang menggambarkan kondisi tangki pertamina yang terjadi.

Mengutip suara.com, saat kebakaran terjadi cuaca di Kabupaten Cilacap sedang hujan deras disertai petir. Kepala Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya membenarkan terjadinya peristiwa kebakaran salah satu tangki milik Pertamina RU IV Cilacap tersebut.

"Nggih betul. Kejadian itu terjadi jam 20.00 WIB. Di Cilacap lagi hujan lebat dan petir. Nah diinformasikan itu tangki tersambar petir," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (11/6/2021) malam.

Kondisi saat ini menurutnya sudah dapat diatasi oleh tim gabungan. Pihaknya juga menurunkan anggota langsung ke lokasi untuk memastikan tidak adanya korban jiwa.

"Saat ini sudah terkendali," jelasnya.

Menurut Nyoman, tangki yang terbakar hanya berjumlah satu. Upaya pemadaman dilakukan oleh tim dari Pertamina. "Hanya satu yang terbakar. Itu tangki nomor 9 info yang kami dapat. Pemadaman dilakukan oleh Pertamina langsung. Sudah diatasi semua. Dan saat ini hujan masih lebat. Ya mudah-mudahan cepat teratasi," terangnya.

Sejauh ini Nyoman belum mendapat informasi adanya korban jiwa, karena lokasi tangki yang terbakar jauh dari area permukiman. 

Kejadian ini dibenarkan oleh Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Kepada tempo.co, Ahok mengabarkan Kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah terbakar pada Jumat petang, 11 Juni 2021. 

Ahok mengatakan direksi sedang menyiapkan laporan kebakaran tersebut. "Iya (terbakar). Direksi sedang siapkan laporan," ujar Ahok saat dihubungi melalui pesan pendek.

Sebelumnya informasi ihwal kebakaran di area Kilang Pertamina Cilacap beredar di perpesanan instan. Sebuah video menunjukkan api berkobar di kawasan kilang.

Ini adalah kali kedua kilang minyak Pertamina terbakar. Sebelumnya kebakaran terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin tanggal 29 Maret 2021 pukul 00.30 WIB.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI