Sukabumi Update

Daftar Kepala Daerah di Indonesia yang Meninggal Akibat Covid-19

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja meninggal dunia karena Covid-19 pada Ahad, 11 Juli 2021 kemarin. Catatan tempo.co, menyebut ini adalah kasus kesekian kepala daerah di Indonesia meninggal saat berjuang melawan covid-19.

Eka meninggal dunia usai menjalani perawatan di rumah sakit sejak sepekan yang lalu. Bupati Bekasi terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil tes PCR pada Kamis, 1 Juli. Eka diketahui memiliki penyakit penyerta yang memperparah kondisi kesehatannya.

Baca Juga :

Kepergian Eka menambah daftar panjang kepala daerah yang meninggal akibat Covid-19. Sebelum Eka, sudah ada beberapa kepala daerah yang meninggal karena terinfeksi Covid-19.

Berikut adalah nama-nama kepala daerah yang meninggal akibat Covid-19 sejak pandemi di bulan Maret 2020:

- Bupati Morowali Utara

Bupati Morowali Utara, Aptripel Tumimomor meninggal pada 2 April 2020 di Rumah Sakit Umum Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Ia meninggal dunia di usia 54 tahun.

Jenazah Aptripel kemudian dimakamkan di Kabupaten Gowa bertepatan dengan hari ulang tahunnya pada 3 April 2020.

- Wali Kota Tanjungpinang

Pada 28 April 2020, Wali Kota Tanjungpinang Syahrul meninggal di usia 60 tahun. Ia meninggal seusai menjalani perawatan selama 17 hari di RSUP Raja Ahmad Thabib pasca dinyatakan positif Covid-19.

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Sahrul sempat melakukan perjalanan Sumbar dan Batam.

- Wali Kota Banjarbaru

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani meninggal pada 10 Agustus 2020 saat menjalani isolasi karena terinfeksi Covid-19. Ia menutup usia di RSUD Ulin Banjarmasin pada usia 50 tahun. 

- Wakil Bupati Way Kanan

Wakil Bupati Way Kanan, Lampung, Edward Antony menutup usia pada 16 Agustus 2020. Ia meninggal seusai dirawat di RSUD dr H Abdul Moeloek Bandar Lampung selama seminggu karena terinfeksi Covid-19.

Edward meninggal pada 8 Agustus 2020 sepulang perjalanan dari Jakarta. Selain dinyatakan terinfeksi Covid-19, ia juga diketahui memiliki penyakit lain, yakni kencing manis dan diabetes melitus.

- Plt Bupati Sidoarjo

Nur Ahmad Syaifuddin meninggal dunia pada 22 Agustus 2020. Ia menutup usia seusai dirawat di RSUD Sidoarjo.

Sebelum meninggal, Nur sudah sakit selama sepekan. Kemudian ia dibawa ke rumah sakit dan dinyatakan positif Covid-19.

- Bupati Berau

Muharram meninggal dunia pada 22 September 2020. Ia meninggal di usia 52 tahun saat menjalani perawatan di RS Pertamina Balikpapan akibat terpapar Covid-19.

Hasil tersebut terungkap setelah Muharram melakukan cek kesehatan sebagai syarat maju Pilkada 2020 di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.

Bupati Bangka Tengah

Ibnu Saleh meninggal dunia pada 4 Oktober 2020. Ia meninggal di usia 58 tahun di Rumah Sakit Bakti Timah, Kepulauan Bangka Belitung saat menjalani perawatan akibat terpapar Covid-19.

- Bupati Situbondo

Dadang Wigiarto meninggal di RSUD dr Abdoer Rahem, Situbondo pada 26 November 2020. Ia meninggal di usia 54 tahun.

- Bupati Bulungan

Sudjadi meninggal dunia pada 8 Desember 2020 akibat terpapar Covid-19. Ia meninggal dunia di usia 66 tahun di RSUD Soemarno Sosroatmodjo Bulungan. Sebelumnya, ia mendapatkan perawatan intensif. Namun, karena faktor usia dan punya riwayat penyakit jantung, Sudjati tidak terselamatkan.

SUMBER: RIZQI AKBAR/TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI