Sukabumi Update

Cari Obat Terapi Covid-19 di Apotek Itu Susah, Presiden pun Tak Dapat

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang tadi mengecek ketersediaan stok obat terapi covid-19 di salah satu apotek di Bogor Jawa Barat.  Berdasarkan video yang didapat kalangan jurnalis, Jokowi tampak mendatangi Apotek Villa Duta di Kecamatan Bogor Timur. 

Jokowi yang mengenakan baju putih lengan panjang dan masker hitam langsung disambut seorang apoteker perempuan. Mantan Gubernur DKI Jakarta pun yang membawa secarik kertas, langsung menanyakan beberapa obat terapi Covid-19.

"Saya mau ini, apa, mau cari obat antivirus yang Oseltamivir," tanya Jokowi dari video yang dikutip Suara.com, Jumat (23/7).

Mendengar permintaan obat Jokowi, apoteker tersebut menjelaskan bahwa obat yang dicari Jokowi sudah kosong. "Oseltamivir sudah kosong pak," jawab apoteker.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali bertanya terkait bagaimana cara mencari obat Oseltamivir. "Terus saya cari ke mana kalau mau cari," kata Jokowi kembali.

Apoteker tersebut kembali menjawab bahwa apoteknya tak memiliki ketersediaan obat Oseltamivir. "Nah itu, kita juga sudah nggak dapat barang," ucap apoteker.

"Sudah berapa hari nggak ada?," tanya Jokowi lagi.

Apoteker itu pun menjelaskan kepada bahwa obat Oseltamivir yang genetik sudah lama tak tersedia di apoteknya. "Oseltamivir yang generik sudah lama, pak, kemarin ada merek Fluvir itu patennya, Tapi itu sekarang juga sudah kosong," tutur Apoteker. 

Dari informasi yang didapat, Jokowi hanya membeli vitamin lantaran obat yang ia cari tak tersedia. 

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan kegiatan Jokowi yang mendadak mengecek stok obat di apotek siang tadi di Kota Bogor. "Iya cek obat, stok di apotik," kata Heru saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (23/7) malam.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI