Sukabumi Update

Ahli Sebut Mutasi Corona-19 Akan Terus Ada, Jangan Panik

SUKABUMIUPDATE.com - Ahli virologi dari Institut Virologi Wuhan, Shi Zhengli,  mengingatkan bahwa virus Corona-19 akan terus bermutasi menjadi varian baru. Sebabnya jumlah infeksi yang terus meningkat memberikan lebih banyak peluang bagi virus untuk menyebar.

Virus Covid-19 varian Delta yang saat ini menyebar ke seluruh dunia pertama kali terdeteksi di India. Strain tersebut telah muncul di sedikitnya 98 negara dan wilayah. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus baru terus terus bermutasi dan berkembang.

“Kita seharusnya tidak panik, tetapi perlu bersiap untuk hidup berdampingan dengan virus dalam jangka panjang,” kata Shi kepada media, Rabu lalu.

Shi mencatat bahwa China sekarang berada di bawah tekanan untuk mengendalikan epidemi, namun isolasi fisik masih efektif membatasi penularan. "Cegah berkumpul, terapkan social distancing, pakai masker dan sering mencuci tangan."

Baca Juga :

Dia mengatakan bahwa virus terus bermutasi karena semakin banyak orang terinfeksi sehingga memberikan peluang bagi virus.

Meski demikian, dia mengingatkan pentingnya vaksinasi. Menurut Shi, dia telah berbicara dengan beberapa pasien yang terinfeksi setelah vaksinasi. Hasilnya, meskipun tidak dapat menghalangi infeksi, vaksin masih efektif dalam mencegah penyakit kritis.

Dia mendesak masyarakat mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin. Dia juga menyerukan percepatan penelitian dan pengembangan vaksin mukosa untuk mencegah infeksi melalui mulut atau hidung serta obat-obatan untuk mengobati Covid-19.

Vaksin Covid-19 (Ad5-nCoV) berbasis vektor adenovirus inhalasi tipe-5 aerosol pertama di dunia, yang dikembangkan oleh CanSino Biologics (CanSinoBIO) dan para peneliti dari Institute of Military Medicine, telah terbukti aman dalam uji klinis Fase-I.

SUMBER: TEMPO

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI