Sukabumi Update

Bung Hatta Bicara Menu Makanan Saat Perumusan Teks Proklamasi

diorama perumusan naskah Proklamasi di Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Menteng, Jakarta. Para pendiri bangsa disuguhi menu makanan saat berkumpul untuk menyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Penyusunan teks proklamasi merupakan salah satu momen penting sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Para tokoh bangsa seperti Soekarno, Hatta, Achmad Soebardjo, Sayuti Melik, Sukarni, dan lainnya berkumpul untuk merumuskan pernyataan kemerdekaan itu, lalu pertanyaannya apa makanan yang disajikan pada momen penting itu?

Para tokoh ini berkumpul di kediaman perwira Angkatan Laut Jepang di Jakarta, Laksamana Maeda. Mereka tiba pada 16 Agustus 1945 sekitar pukul 22.00 WIB. Mengutip dari BBC, selama perumusan teks proklamasi, Maeda beristirahat di lantai atas. 

Dia memerintahkan ajudannya, Shigetada Nishijima, untuk mengawal para tokoh bangsa dan meminta kepala rumah tangga menyiapkan makanan dan minuman. Penyusunan naskah proklamasi berlangsung sepanjang malam dan baru selesai pada 17 Agustus 1945 sekitar pukul 03.00 WIB, bertepatan dengan 9 Ramadhan 1936 Hijriah.

Bung Hatta dalam bukunya yang berjudul Sekitar Proklamasi menceritakan jika mereka sempat diberikan makan sahur oleh asisten rumah tangga Laksamana Maeda, Satsuki Mishima. Makanan yang disiapkan oleh Mishina adalah nasi goreng, telur, dan ikan sarden. 

“Waktu itu bulan puasa dan sebelum pulang saya mendapatkan makan sahur di rumah Maeda,” tulis bung Hatta.

Selepas sahur, para tokoh pulang dan berkumpul kembali di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 pukul 10.00 untuk membacakan teks proklamasi dan pengibaran bendera merah putih.

SUMBER: EIBEN HEIZIER/TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI