Sukabumi Update

Satgas Baznas: 723 Kyai Pengasuh Ponpes Meninggal Dunia Saat Terpapar Covid-19

Vaksinasi santri. Kementerian Agama RI mencatat 723 kyai yang mengajar di berbagai Ponpes (Pondok Pesantren) di Indonesia meninggal dunia saat terpapar covid-19. Hal ini diungkap Satgas covid-19 Baznas Indonesia yang baru baru ini merilis program "Kita Ja

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Agama RI mencatat 723 kyai yang mengajar di berbagai Ponpes (Pondok Pesantren) di Indonesia meninggal dunia saat terpapar covid-19. Hal ini diungkap Satgas covid-19 Baznas Indonesia yang baru baru ini merilis program "Kita Jaga Kyai".

"Padahal satu kyai itu muridnya kadang 10 ribu kan," ujar Ketua Satgas covid-19 Baznas Indonesia sekaligus Pimpinan Baznas RI, Saidah Sakwan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (27/08/2021).

Karenanya Baznas, menurut Saidah membuat program "Kita Jaga Kyai" agar tidak semakin banyak kyai yang terpapar COVID-19. Apalagi saat ini banyak klaster penularan covid-19 muncul di ponpes.

Program tersebut direalisasikan melalui vaksinasi massal di ponpes-ponpes. Vaksinasi dilaksanakan untuk mengantisipasi potensi penularan virus yang cukup besar di ponpes karena kyai dan para santri yang kontak erat setiap harinya.

photoKetua Satgas COVID-19 Baznas Indonesia, Saidah Sakwan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (27/08/2021). - (Putu Ayu Palupi (Suara.com))</span

Saidah menyebutkan, Baznas juga melaksanakan program mitigasi. Diantaranya dengan pemeriksaan kesehatan kepada semua kyai, terutama pengasuh ponpes.

Ruang isoman juga disediakan bagi kyai yang tidak memungkinkan untuk isolasi di ponpes saat terpapar virus. Namun bila mereka tetap memilih isoman di ponpes pun, sejumlah paket obat untuk isoman juga diberikan.

"Karena kita berkeyakinan kalau anak-anak dan kyainya tervaksin maka proses belajar mengajar maka orang-orang yang berdedikasi untuk keagamaan itu akan kita perkuat," ungkapnya.

Saidah menambahkan, Baznas juga mensupport santri yang terpapar covid-19 saat isolasi. Contohnya 86 santri dan kyai Pesantren Bumi Cendekia yang harus isolasi di rumah susun asrama Pusat Inovasi Agroteknologi (PIAT) UGM setelah terpapar covid-19.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI