Sukabumi Update

Vaksinasi Covid-19 Jadi Patokan, PPKM Level 3 untuk 107 Daerah di Jawa Bali

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah pusat mulai memberlakukan angka capaian vaksinasi covid-19 dalam penentuan status PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di daerah hingga 17 Oktober mendatang. Menko Luhut Binsar Panjaitan menyebut daerah di Jawa Bali yang menjalani PPKM level 3 bertambah menjadi 107 Kota dan Kabupaten. 

Luhut mengatakan PPKM di wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi masih berstatus level 3. "Karena ada di Kabupaten Bogor, Tangerang, dan Bekasi masih kurang capaian vaksinasi level 3," tuturnya dalam konferensi pers daring pada Senin, 4 Oktober 2021 dikutip dari tempo.co.

Dalam perpanjangan ini ada 20 wilayah kabupaten atau kota yang bertahan di PPKM Level 2. Sementara itu, wilayah yang menerapkan PPKM Level 3 bertambah dari 84 menjadi 107 kabupaten atau kota.

"Karena kota dan kabupaten di level 2 yang sebelumnya mendapat dispensasi belum mampu mencapai target cakupan vaksinasi," ucap Luhut.

photoMenko Luhut Binsar Panjaitan - (akun instagram)</span

Pada perpanjangan kali ini pemerintah mulai melonggarkan sejumlah sektor, salah satunya adalah pembukaan fasilitas gym atau fitness center. "Pembukaan pusat kebugaran fitness center dengan kapasitas maksimal 25 persen, dengan menerapkan prokes ketat, dan skrining PeduliLindungi," kata Luhut.

Baca Juga :

Selain itu, Luhut juga mengatakan gerai makanan dan minuman dalam bioskop juga mulai bisa dibuka. Meski begitu, kapasitas bioskop masih tetap dibatasi agar maksimal 50 persen.

Luhut mengatakan pemerintah memang sengaja membuat pembukaan ini dilakukan secara bertahap. Ia tak ingin-tiba-tiba pembukaan pada masa PPKM ini dilakukan secara langsung dan menyebabkan kasus kembali tak terkendali.

SUMBER: ADAM PRIREZA/TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI