Sukabumi Update

Kominfo Sudah Blokir 4.873 Konten Fintech Ilegal Sejak 2018

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Komunikasi dan Informatika atau Kominfo Johnny G Plate mengatakan pemerintah tidak akan memberikan ruang bagi setiap konten fintech yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Sejak tahun 2018 hingga 10 Oktober 2021 telah dilakukan pemutusan akses terhadap 4.873 konten fintech online, yang tersebar di berbagai platform," kata Johnny dalam keterangan tertulis di situs Kominfo, Selasa, 12 Oktober 2021.

Dia mengatakan Kominfo terus meningkatkan kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, Bank Indonesia, serta mitra kementerian dan lembaga dalam membersihkan dunia digital Indonesia dari keberadaan financial technology yang tidak berizin atau ilegal.

photoIlustrasi. - (Getty Images)

Adapun 4.873 konten fintech online tersebut tersebar di berbagai platform seperti website, marketplace, aplikasi, media sosial, dan layanan file sharing. Dia berharap, penegakan hukum atas maraknya konten ilegal dapat mendorong penggunaan platform digital yang semakin bermanfaat.

"Kita harapkan penegakan hukum ruang digital seperti ini akan mendorong semakin semaraknya fintech kita agar dimanfaatkan secara baik, digunakan demi kemaslahatan dan pembangunan ekonomi serta keuangan nasional kita," kata Johnny.

Kementerian Kominfo juga terus mengajak Penyelenggara Sistem Elektronik atau PSE dan masyarakat untuk melakukan langkah antisipatif pengembangan teknologi. Hal itu untuk mencegah kebocoran data dan memperkuat firewall untuk menangkal serangan siber serta menyiapkan infrastruktur digital.

"Pemanfaatan infrastruktur digital untuk beragam transaksi digital dilakukan untuk mendukung keuangan digital yang aman," ujar Johnny.

SUMBER: TEMPO

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI