Sukabumi Update

Unik! Disebut Sebagai Pohon Pelangi Karena Batangnya Memancarkan Aneka Warna

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah pohon memiliki batang yang amat unik sekaligus indah layaknya lukisan karena memancarkan beraneka warna. Karenannya pohon ini dikenal sebagai pohon pelangi atau Rainbow eucalyptus.

Warna yang terdapat pada batang pohon ini antara lain merah, cokelat, kuning, hijau, biru, dan warna lainnya. Seluruh warna tersebut memenuhi batang pohon mulai dari akar hingga pucuknya. 

Baca Juga :

Melansir dari laman Indonesia.go.id, nama ilmiah dari pohon pelangi ini adalah Eucalyptus deglupta yang berarti kayu putih yang mengelupas. Gradasi warna pada pohon yang juga dikenal dengan nama leda ini mirip dengan seragam pasukan-pasukan elite militer sehingga pohon pelangi juga dijuluki pohon kamuflase. 

Pohon ini tumbuh besar dan tinggi menjulang. Tanaman ini merupakan endemik di Papua Niugini, Pulau Papua, Pulau Seram, Maluku, dan Sulawesi.

photoPohon pelangi - (Tangkapan layar YouTube/Tentang Tanaman)</span

Di Pulau Jawa, tak perlu jauh-jauh terbang ke sana karena di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, pohon ini bisa kita nikmati keindahannya. 

Pohon jenis ini dapat ditemukan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Sumberwringin. Lokasinya ada di Desa Wringinanom, Kecamatan Sukosari. Dari pusat kota, hutan seluas 23,6 hektare ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 1 jam 15 menit.

Di hutan ini, pohon pelangi yang memiliki tinggi rata-rata 70 meter serta rata-rata berdiameter 2,5 meter ini menjadi daya tarik utama yang paling sering dicari wisatawan.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI