Sukabumi Update

Cisande Sukabumi Raih Lima Terbaik Desa Wisata Indonesia, Kategori Toilet Umum

SUKABUMIUPDATE.com - Cisande Kecamatan Cicatantan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat menjadi salah satu juara dalam kategori toilet umum dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Atas prestasi ini Desa Wisata Cisande yang sebelumnya masuk 50 besar ADWI 2021 mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 10 Juta Rupiah dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif.

Pengumuman pemenang ADWI 2021 ini disiarkan langsung melalui akun youtube Kemenparekraf, Selasa (7/12/2021) malam. Dipandu oleh Raffi Ahmad dan Ayu Dewi, acara ini berlangsung sangat meriah.

Dari banyak kategori yang dilombakan untuk 50 desa wisata di Indonesia, Cisande terpilih sebagai 5 terbaik kategori toilet umum, di posisi ke 4 ada Desa Bonjeruk, ke 3 Desa Saung Ciburial, ke 2 Desa Liya Togo dan juara pertama Desa Serang.

photoCisande terpilih sebagai juara ke 5 desa wisata terbaik di Indonesia dalam ADWI 2021 kategori toilet umum - (dok Kemenparekraf)</span

Maman Mulyana, Ketua Pokdarwis Desa Wisata Cisande maju ke panggung ADWI 2021 untuk menerima piala dan uang pembinaan dari Kemenparekraf. Dimana juara 1 mendapatkan Rp 30 juta, juara 2 (Rp 25 juta), juara 3 (Rp 20 juta), juara 4 (Rp 15 Juta) dan juara 5 (Rp 10 juta).

"Toilet itu penting di lokasi wisata, karena kenyaman wisatawan salah satunya dari toilet umum yang bersih, wangi dan sehat," celetuk Ayu Dewi saat membawakan acara tersebut.

Menparekraf, Sandiaga Uno dalam sambutannya menyebut ada 1831 desa wisata yang ikut dalam ADWI 2021. "Diluar ekspektasi tadinya kita target 700 saja, ternyata desa-desa di Indonesia sangat antusias," ungkapnya.

Baca Juga :

Mewakili Presiden Jokowi, Menko Perekonomian Airlangga Sucipto memberikan apresiasi tinggi pada ADWI 2021 dan perjuangan ribuan desa wisata di Indonesia untuk menjadi pusat pertumbuhan perekonomian baru. "Masyarakat akan mendapatkan multiplayer efek dari keberadaan desa wisata di Indonesia. Tidak hanya hotel berbintang tapi juga rumah-rumah masyarakat juga menikmati keberadaan desa wisata yang tersebar. Indonesia bangkit!," jelas Airlangga.

Seperti diberitakan sebelumnya, Cisande menjadi kebanggaan untuk masyarakat Sukabumi dan Jawa Barat karena dalam ajang tahunan ini saingannya mencapai 1.831 peserta desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Dipilah mencari 500, kemudian berkurang jadi 300 hingga akhirnya para kurator memilih 50 desa terbaik ADWI 2021. Dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada hari Minggu 5 September 2021.

Koleksi Video Lainnya:

Cabut Kuku Korban, Polres Sukabumi: 5 Tahun Penjara untuk Pelaku Kekerasan Anak

Bangunan Ponpes Al Barokah di Cibitung Sukabumi Terbakar

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI