Sukabumi Update

Pengukuran Selesai, Polda Tarik Ratusan Polisi dari Wadas

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi mengatakan akan menarik anggotanya dari Desa Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, Jumat, 11 Februari 2022.

Sejak Selasa lalu, ratusan personel disiagakan di Desa Wadas untuk mengawal pengukuran lahan rencana penambangan material Bendungan Bener. Penarikan pasukan tersebut seiring rampungnya proses pengukuran oleh Badan Pertanahan Nasional.

"Hari ini mereka setelah Jumatan kami tarik. Pengukurannya sudah selesai," kata Kepala Polda Jawa Tengah Luthfi di kantornya, Jumat 11 Februari 2022, dikutip dari Tempo.

Dia mengatakan pihaknya mengedepankan pendekatan persuasif bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. "Satgas kami tarik. Ada beberapa anggota yang melakukan pengamatan dan bakti sosial," sebutnya.

Ratusan personel polisi tersebut ditempatkan di Wadas selama empat hari terakhir. Meski mengaku hanya mengawal proses pengukuran, polisi juga menangkap puluhan warga di Wadas pada Selasa, 8 Februari 2022. Total ada 60 lebih warga ditangkap 10 di antaranya di bawah umur.

Setelah dibawa ke Kantor Kepolisian Resor Purworejo puluhan orang yang terdiri warga, seniman, dan pendamping hukum itu kemudian dilepaskan keesokan harinya.

SUMBER: TEMPO

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI