Sukabumi Update

Menkes Sebut 60 Persen Kasus Meninggal Dunia Covid-19 karena Vaksin Belum Tuntas

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat yang vaksin Covid-19-nya belum komplit untuk segera menuntaskannya. Pasalnya, sejauh ini sebagian besar kasus pasien Covid-19 yang meninggal dunia, disebabkan vaksinnya belum dua dosis.

Mengutip dari suara.com, Budi mengatakan, sebanyak 60 persen pasien Covid-19 yang wafat belum divaksinasi atau yang belum lengkap. Hal serupa juga terjadi pada pasien yang masuk intensive care unit.

"Jadi bapak/ibu tolong bantu saudara-saudara kita agar segera divaksinasi. Karena itu tadi 60 persen yang wafat itu belum divaksinasi atau vaksinasi belum lengkap," kata Budi melalui konferensi pers yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/2/2022).

Baca Juga :

photoMenteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. - (covid19.go.id)</span

Budi menyebut, hingga saat ini baru ada tujuh provinsi yang vaksinasinya sudah lengkap dua dosis. Sementara empat provinsi, yakni Jakarta, Bali, Yogyakarta, dan Kepulauan Riau yang vaksin dua dosis untuk lansianya baru mencapai 70 persen.

"Itu akibatnya mereka amunisinya kuat, kalau nanti datang Omicron ya, yang kena Insyaallah tidak masuk rumah sakit dan tidak wafat," katanya.

Budi menuturkan, ada 10 juta lebih penduduk yang melewati masa dari dosis pertama ke dosis kedua yakni diatas tiga bulan. Lalu ada 2,5 juta penduduk yang terlambat di atas enam bulan.

Budi meminta kepada penduduk yang sudah terlambat melakukan vaksin dosis kedua, untuk segera mengulangi dari vaksin pertama.

"Jadi bapak, ibu, teman-teman saudara-saudaranya yang sudah divaksin pertama kali belum lengkap kemudian tidak vaksinasi kedua itu ada 2,5 juta di seluruh Indonesia, cepet suruh ulangi lagi vaksinasinya, kita toh banyak vaksinnya," tandasnya.

Sumber: suara.com

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI