Sukabumi Update

Suara.com dan IMS Gelar Pelatihan FORB untuk Media Lokal

SUKABUMIUPDATE.com - Suara.com bersama International Media Support (IMS) menggelar pelatihan pengembangan media digital dengan tajuk 'Freedom of Religion or Belief Friendly Media'.

Dilansir suara.com, program ini memberikan pendampingan terhadap media-media mitra terpilih Suara.com. Untuk meningkatkan pemahaman terkait konten bertema keberagaman, minoritas, dan kepercayaan yang banyak berkembang di Indonesia.

Pemred Suara.com Suwarjono mengatakan, pelatihan untuk kalangan redaktur atau editor media ini untuk kembali menyegarkan pengetahuan jurnalis, terkait isu kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Suwarjono mengatakan, banyak jurnalis yang ahli dalam membuat konten berita, tetapi tidak mampu membangun media dari segi bisnis.

Karena itu, dalam kolaborasi ini Suara.com akan berbagi strategi pengembangan media. Sementara IMS akan berbagi soal apa dan bagaimana konten keberagaman dan inklusif, serta kondisinya di Indonesia. "Saya harap ekosistem baru ini bisa saling bantu menguatkan dan maju bersama," ungkap Suwarjono, Rabu (9/3/2022).

Hasil dari pelatihan ini adalah implementasi kebijakan dan panduan dalam meliput isu agama dan kepercayaan. Sebanyak 20 karya jurnalistik terkait isu keberagaman juga akan diberikan penghargaan.

Project Manager IMS Eva Danayanti mengatakan setiap orang punya akses yang sama terkait informasi. Kehadiran IMS di Indonesia akan fokus ke media dan jurnalis. IMS saat ini bekerja di 40 negara. Tersebar di Asia, Eropa, dan Afrika.

"Kesempatan yang sama dalam informasi akan memperbaiki situasi," kata Eva.

Eva mengatakan fokus IMS untuk jurnalis yang profesional antara lain memperbaiki konten dan produk media. Menggelar pelatihan dan pemahaman terkait etika, jurnalisme investigasi, dan jurnalisme sensitif konflik.

"Ada juga perlindungan dan keamanan jurnalis," katanya.

Pelatihan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan di Kantor Suara.com, Kawasan Mega Kuningan Jalam Mega Kuningan Timur Blok C6 Kav.9 RT008/RW002 Setiabudi, Jakarta Selatan.

Pelatihan digelar selama dua hari, Rabu-Kamis, 9-10 Maret 2022. Menghadirkan pembicara dari Suara.com, IMS, dan Sejuk.

Sumber: SUARA.COM

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI