Sukabumi Update

Baznas Bilang Potensi Zakat di Indonesia Capai Rp 327 Triliun

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Noor Achmad mengatakan potensi zakat di Indonesia mencapai Rp 327 triliun per tahun menurut data yang dihimpun dari pusat kajian strategis lembaganya. Potensi itu berasal dari zakat penghasilan, jasa pertanian, perkebunan, peternakan, dan sektor lainnnya.

"Zakat merupakan salah satu potensi penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Apalagi masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang religius, dermawan, dan memiliki kepedulian sosial terhadap orang di sekitar yang membutuhkan bantuan," ujar Achmad dalam keterangannya, Ahad, 3 April 2022, dikutip dari tempo.co.

Adapun dari total potensi yang ada, zakat yang terkumpul pada 2021 baru sebesar Rp 17 triliun. Achmad mengakui pengumpulan ini masih belum optimal.

Pada 2022, Zakat Infak Sedekah (ZIS) dan Dana Sosial Keagamaan Lain (DSKL) membidik pengumpulan zakat bisa menembus Rp 26 triliun. Untuk mencapai angka itu, ia mengatakan perlu dorongan dari berbagai pihak.

Bila target terpenuhi, Achmad memperkirakan ada 56 juta orang yang akan menerima manfaat dari pengumpulan zakat. Di sisi lain, dia memastikan pemberian bantuan Baznas akan dilakukan secara tepat sasaran kepada masyarakat dengan tiga segmen, yakni ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

"Yang menerima bantuan akan disurvei dan diprioritaskan untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan," katanya.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin sebelumnya memberikan pesan kepada masyarakat menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Ia mengimbau umat Islam untuk tidak konsumtif selama Ramadan dan segera memenuhi kewajiban zakatnya.

“Saya harap supaya umat Islam jangan konsumtif di bulan Ramadan. Biasanya orang kan puasa, malamnya seperti orang balas dendam, semua dibeli, semua dimakan. Itu namanya bukan puasa,” ujar Ma’ruf.

Zakat, kata Ma’ruf, diperlukan oleh masyarakat untuk menghadapi momentum hari raya. Ia berujar banyak pihak yang mengalami kesulitan akibat pandemi yang berkepanjangan. “Kita bagikan kepada saudara-saudara kita. Bagikan kelebihan kita kepada sesama yang membutuhkan,” ujar dia.

Selain zakat, Ma’ruf menyebut ada bentuk ibadah sosial lain untuk membantu sesama yang bisa disalurkan selama Ramadan, yakni infaq dan wakaf. Wakaf, dia mengimbuhkan, adalah sedekah jariah yang pahalanya terus mengalir karena barangnya tidak habis. “Ini satu momentum yang pas (untuk menyalurkan sedekah),” ucap Ma’ruf.

SUMBER: TEMPO.CO/FRANCISCA CHRISTY ROSANA

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI