Sukabumi Update

Hasyim Asyari Terpilih jadi Ketua KPU Periode 2022-2027

SUKABUMIUPDATE.com - Hasyim Asyari resmi terpilih jadi Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU periode 2022-2027 dalam rapat pleno setelah pelantikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Mengutip berita tempo.co, Hasyim adalah petahana yang juga menjadi anggota KPU periode 2017-2022. Dalam acara serah terima jabatan, Hasyim sudah dipanggil dengan jabatan baru sebagai Ketua KPU. 

Para peserta pun memberikan tepuk tangan saat Hasyim ingin menyampaikan pidato pertama sebagai Ketua KPU. "Kita harus bekerja sama, berkolaborasi," kata Hasyim dalam acara serah terima jabatan anggota KPU di Kantor KPU, Jakarta, Selasa, 12 April 2022.

Kerja sama, kata dia, tidak hanya antar internal KPU. Akan tetapi, KPU tentu juga harus bekerja sama dengan para peserta pemilu, dari partai politik, hingga presiden.

Sebelumnya, Jokowi telah lantik 7 anggota KPU dan 5 anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Istana Merdeka, Jakarta, pada hari yang sama. Daftar anggota KPU baru selain Hasyim yaitu Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Melasz

Usai pelantikan, salah satu permintaan Presiden Jokowi ke KPU adalah mempersiapkan pendidikan politik menjelang Pemilu 2024. Jokowi berharap masyarakat bisa menyambut pemilu dengan gembira sebagai pesta demokrasi rakyat.

"Jangan lagi membuat masyarakat terprovokasi oleh isu-isu politik identitas," kata Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini juga berharap anggota KPU dan Bawaslu yang baru saja dilantik dapat segera tancap gas bekerja. Kedua instansi juga diminta segera berkoordinasi dengan DPR dan pemerintah untuk Pemilu 2024.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI