Sukabumi Update

Diundang Lewat Medsos Gabung Demo 21 April, Pelajar SMP Diamankan Polisi

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah pelajar diamankan dari sekitar lokasi aksi demo 21 April 2022. Mereka saat itu berada di sekitar Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, diamankan sebelum massa aksi berkumpul pada Kamis siang, (21/4/2022).

Para pelajar ini mengaku mendapatkan undangan dari media sosial untuk bergabung dengan massa aksi 21 April yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI).

"Dari Bekasi, izin absen (buat ikut demo)," ujar salah satu pelajar saat digelandang polisi ke bagian dalam Monas dikutip dari tempo.co. 

Para bocah yang berjumlah empat orang itu mengaku datang atas undangan dari media sosial. Saat ditanya soal tuntutan mahasiswa dalam demo itu, anak-anak yang masih duduk di kelas satu SMP itu mengaku tidak tahu.

Baca Juga :

Demo tersebut rencananya akan digelar sekitar Patung Kuda Arjuna Wijaya pada siang ini. BEM UI dan AMI membawa tujuh tuntutan yang salah satunya meminta Presiden Jokowi membuat pernyataan tertulis menolak wacana jabatan tiga periode.

Tuntutan selanjutnya meminta Jokowi menurunkan harga kebutuhan pokok dan atasi ketimpangan ekonomi. Mahasiswa juga meminta Jokowi menindak tegas segala tindakan represif terhadap masyarakat sipil dengan mekanisme yang ketat dan tidak diskriminatif.

Tuntutan keempat, mahasiswa minta Jokowi mewujudkan pendidikan ilmiah, gratis, dan demokratis. Kelima meminta Jokowi mengesahkan RUU pro rakyat dan menolak RUU pro oligarki.

"Enam mewujudkan reforma agraria sejati dan tujuh menuntaskan seluruh pelanggaran HAM," bunyi tuntutan para mahasiswa yang dikirimkan Koordinator Departemen Sosial dan Politik BEM UI, Melki Sedek Huang, kepada Tempo.

Hingga siang ini, sejumlah mahasiswa sudah tampak terlihat di sekitaran Monas namun mereka masih berteduh karena kondisi hujan.

Demo 21 April ini merupakan kelanjutan dari aksi sebelumnya yang digelar pada 11 April lalu. Saat itu, para mahasiswa juga menyuarakan tuntutan yang hampir serupa. Mahasiswa kembali turun ke jalan karena Presiden Jokowi dianggap belum memenuhi tuntutan mereka. 

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI