Sukabumi Update

Muhammadiyah Tetapkan Idulfitri 1443 H Jatuh pada Senin 2 Mei 2022

SUKABUMIUPDATE.com - Berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriah akan jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022 Masehi.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto pada, Senin, 25 April 2022, di Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Cik Ditiro, Nomor 23, Kota Yogyakarta. Atas nama PP Muhammadiyah, Agung mengimbau pelaksanaan Salat Ied dan perayaan ibadah lain dapat dilakukan dengan khusyuk.

"Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengimbau agar Salat Idulfitri dan segenap rangkaiannya, seperti takbiran, pelaksanaan zakat fitrah, dan lain sebagainya dapat diselenggarakan dengan khusyu’ dan seksama," kata Agung, dikutip dari website resmi Muhammadiyah.

Seluruh pelaksanaan rangkaian perayaan ibadah pada Idulfitri1443 H, kata Agung harus dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, Seperti menggunakan masker dan lain sebagainya.

Kesempatan Hari Raya Idulfitri1443 Hijriah menurutnya harus dimanfaatkan untuk menjaga solidaritas dan memperkuat silaturahim. Pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah seharusnya dimanfaatkan dengan bijak, yakni dengan menjalin silaturahmi di mana selama dua tahun tidak bisa bertemu secara fisik pada momen Hari Raya Idulfitri.

"Muslimin dan muslimat di mana pun berada untuk memanfaatkan Hari Raya Idulfitri ini untuk memelihara silaturahmi dengan mengucapkan salam, atau mengunjungi sanak kerabat dalam rangka untuk menjaga silaturahmi setelah dua tahun terdampak Covid-19 tidak sempat untuk melaksanakan silaturahim," tuturnya.

SUMBER: WEBSITE RESMI MUHAMMADIYAH

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI