Sukabumi Update

STT Nusa Putra Ajak Mahasiswa Asing Kenali Budaya Sunda

SUKABUMIUPDATE.COM – Sekolah Tinggi Teknologi STT Nusa Putra Sukabumi mengundang 4 mahasiswa asing asal negera Negara eropa untuk mengenal lebih dekat dan belajar budaya Indonesia, khususnya Sunda. Para bule ini diajarkan membuat ikatan iket sunda, dari kain batik yang sebelumnya ditulis dan digambar sendiri oleh mereka.

Memperkenalkan Indonesia melalui budaya pada mahasiswa asing adalah mata kuliah khusus yang digagas divisi International Relations Office (IRO) kampus STT Nusa Putra Sukabumi. Pelaksanaan dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015 -2016, dengan melibatkan empat mahasiswa asing asal Negara Negara di dataran Eropa.

Lucile mahasiswa asal Perancis, Johanna (Jerman), Giulia (Italia), dan Sergiu (Rumania) selama satu semester mondok di Sukabumi dan belajar budaya Indonesia. Budaya merupakan pendekatan yang paling efektif karena diminati oleh kalangan manampun khususnya generasi muda. 

Pelajaran awal yang diberikan pada keempat bule ini adalah membatik motif khas Sukabumi dengan bimbingan dari dosen dan pengrajin batik Sukabumian. Keterampilan, ketekunan, dan kesabaran yang menjadi poin penting dalam membatik menjadi daya tarik utama para bule ini saat mencoba menyelami warisan budaya dunia asal Indonesia ini.

Tak berhenti sampai disana, usai menggumi hasil membatik, merekapun langsung diberikan ketrampilan membuat ikatan, iket khas Sunda dan ikut dalam upcara adat yang digelar di kampong adat. Mata kuliah ini tentu tak hanya praktik, mahasiswa asing ini juga diberikan segudang materi terkait sejarah, filosfi dan materi lainnya terkait keberadaan budaya Sunda di Indonesia. (*)

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI