Sukabumi Update

Desa Wisata ala Sukamaju

SUKABUMIUPDATE.COM - Karang Taruna (KT) Tunas Bhakti, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi berkomitmen bangun desa wisata. 

"Sejauh ini potensi wisata alam di Desa Sukamaju hanya memiliki satu curug, yakni Curug Indra namun persoalan potensi wisata bisa dibangun bersama," kata Ketua Karang Taruna Tunas Bhakti Desa Sukamaju, Usman Faqih (25) kepada sukabumiupdate.com, Jum’at (12/8).

Menurutnya, potensi wisata juga bisa diciptakan dengan pemberdayaan pemuda agar produktif dan mampu berinovasi. Apalagi, sejauh ini KT Tunas Bhakti telah melakukan pemberdayaan pemuda seperti, membuat komunitas pengelola sampah dengan membuat bank sampah.

Selain itu, masyarakat juga membentuk kelompok tani (poktan) di lingkungan ke-RT-an dengan mengembangkan tanaman palawija dan budidaya durian Cikakak.

"Nantinya kegiatan masyarakat ini diharapkan bisa menjadi potensi wisata, seperti desa terbersih maupun desa hijau. Sehingga wisatawan pun bisa berbelanja produk asli dari Cikakak."

Usman mengatakan, tahun mendatang Desa Sukamaju akan memiliki festival tahunan. Festival tersebut diharapkan  akan menjadi ajang promosi hasil karya maupun tani dari Poktan. 

"Festival tersebut akan kita launching pada September 2016, dan festivalnya sendiri akan dimulai pada tahun depan. Dengan adanya festival tersebut, kami menginginkan Desa Sukamaju benar maju seperti namanya," tambah Usman.

Penjabat sementara (Pjs), Kepala Desa Sukamaju, Eti Hendrawati mengatakan, mengapresiasi kegiatan pemuda yang lebih mengarah ke pemberdayaan berkelanjutan. Meskipun, sejauh ini masih ada beberapa infrastruktur, seperti jalan desa dan lainnya yang masih dibangun, namun hal tersebut bisa dikerjakan perlahan.

"Yang sulit itu adalah membangun mental yang siap memajukan masyarakat, karena saat ini pembangunan fisik telah dikerjakan misalnya ada 277 unit rutilahu yang telah dikerjakan pada tahun lalu," Kata Eti. 

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI