Sukabumi Update

Desa Sukatani Berdayakan Mahasiswa STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.COM - Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi memberdayakan 15 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Pemerintahan (STISIP) Widyapuri Mandiri Sukabumi yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Mahasiswa STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi dari Kelompok 5 yang melakukan KKN di desa tersebut selama hamper tiga minggu, 8 hingga 27 Agustus 2016 mendatang. Setiap harinya, mereka selalu mendapat tugas khusus dari kepala desa, dari mulai perbaikan infrastruktur jalan lingkungan, ataupun pelayanan publik. 

“Mereka kami arahkan membantu warga, dalam memperbaiki jalan rusak, bersih bersih lingkungan, membantu kader posyandu, dan kegiatan lainnya yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” jelas Kepala Desa Sukatani, Suherman kepada sukabumiupdate.com Selasa (23/8).

Beragam Kegiatan KKN Mahasiswa STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi di Desa Sukatani.

Ada 15 mahasiswa gabungan dari Fakultas Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Komunikasi yang saat ini sedang mengimplementasikan Tridarma Perguruan Tinggi di Desa Sukatani. Kelima belas mahasiswa itu memilik tugas utama yakni, membantu kegiatan pelayanan publik di kantor desa.

“Nah jika di kampus mereka belajar teori, di sini mereka mempraktekan ilmu tersebut di masyarakat. Jelas kami sangat terbantu dengan kehadiran dari rekan-rekan mahasiswa tersebut,” jelas Suherman lebih jauh.

Lalu apa kesan mahasiswa setelah sepekan lebih mengabdi di Desa Sukatani. Dede Heri (22), salah satu mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi menjelaskan, kedatangan mereka ke Desa Sukatani untuk memahami permasalahan dan memberikan solusinya.

“Ya pemecahan masalahan di lapangan harus dilakukan lintas ilmu, kami tidak bisa hanya berpatokan dengan disiplin ilmu yang kami pelajari di kampus. Karena permasalahan di lapangan sangat kompleks,” jelas Dede.

Beragam Kegiatan KKN Mahasiswa STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi di Desa Sukatani.

Dalam acara KKN 2016 kali ini, 158 mahasiswa STISIP WIDYAPURI MANDIRI dikirim Kecamatan Parungkuda dan Parasakansalak. “Ada lima desa di Kecamatan Parungkuda dan enam desa di Kecamatan

Parakansalak termasuk Desa Sukatani. Semoha kehadiran mahasiswa-mahasiswa tersebut bisa jadi jembatan dalam mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat. Membantu pemerintah, pemberdayaan masyarakat, dan pengalaman kerja nyata untuk pembangunan,” jelas Dosen Pembimbing KKN STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi, M Akasah.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI