Sukabumi Update

Desa Sukaraja Rangsang Minat Baca dengan Perpustakaan Digital

SUKABUMIUPDATE.COM - Minat baca, baik konvensial melalui buku ataupun akses internet di Desa/Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi terus meningkat. Salah satu lokasi menimba ilmu dengan cara mengakses infromasi dari Perpustakaan Insan Kamil, yang berada di Kampung Cibereum.

Di sini, setiapnya harinya selalu didatangi warga khususnya kalangan muda dan pelajar yang ingin mencari tambahan ilmu. Selain banyak buku bacaan pendidikan, ruang perpustakaan juga menyediakan komputer dengan sambungan internet gratis.

“Alhamdulillah setiap hari pepustakaan ini slalu ramai pengunjung, bisa mencapai 30 orang lebih secara bergantian setiap harinya. Kebanyakan anak sekolah yang berkunjung ke sini,” ungkap Kepala Desa Sukaraja Efhar Sayid Abdullah kepada sukabumiupdate.com, Jumat (02/12).

Perpustakaan berbasis IT yang dibangun atas kerjasama pemerintah dan swasta ini pernah menyabet tiga kali juara nasional dalam acara Perpuseru Award 2015 lalu. Menurut Efhar, pihaknya akan terus menambah koleksi bacaan terutama untuk anak-anak dengan jenjang pendidikan usia dini.

“Saya dan teman-teman sering ke sini, kadang dua sampai tiga kali seminggu. Enak sih, apalagi ada komputer dan internet gratis, jadi gak harus ke warnet, tinggal cari aja di sini,” ungkap Agista Nurpadillah (12), pelajar yang tinggal tak jauh dari lokasi perpustakaan.

Hal senada diungkap Marsa Meisya Tiaya (12), yang mengaku sangat terbantu dengan adakan perpustaan IT di Desa Sukaraja. “Ngirit, kalo ke perpustakaan desa mah, ngurangin beban orang tua. Sayangnya, di sini belum ada printer, jadi kalo mau ngeprin nggak usah ke warnet. Saya harap komputernya ditambah lagi,” harap Marsa.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI