Sukabumi Update

Puluhan Siswa SD di Buniwangi Sukabumi Mendadak Jadi Dokter

SUKABUMIUPDATE.com - Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Buniwangi Kecamatan Surade bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (FKUPN) menggelar kegiatan pelatih dokter kecil, Sabtu (27/1/2018).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 54 siswa SD, 27 guru pembimbing dari 27 sekolah yang berada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Buniwangi.

BACA JUGA: Siswi Ponpes Modern Assalam Putri Sukabumi Sabet Juara Pertama KSM

Kegiatan ini merupakan program kepedulian FKUPN terhadap peningkatan kesehatan masyarakat. Untuk kegiatan dokter kecil, semua peserta menerima materi tentang kesehatan juga mendapatkan bantuan berupa jas dokter dan bingkisan alat tulis.

Kepala Puskesmas Buniwangi dr. Solitaire E.F Ram Mozes menjelaskan kegiatan merupakan kerjasama FKUPN dan PKM Buniwangi melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

"Kami sebagai almamater angkatan pertamanya mengadakan pelatihan kesehatan dengan peserta siswa sekolah dasar," ujarnya.

BACA JUGA: Pakai Daster Emak-emak Hingga Sarung, Begini Keseruan Acara NGLS SMAN 1 Cibadak Sukabumi

Menurut dia, kegiatan FKUPN sejalan dengan program para alumni, banyak dokter dari lulusan fakultas tersebut yang bertugas di Kabupaten dan kota Sukabumi.

Adapun kegiatan pelatihan dokter kecil tersebut merupakan bagian dari  persiapan menjelang reuni akbar 25 tahun FKUPN.

BACA JUGA: Perkemahan Bhakti Wira Kartika, Jiwa Nasionalisme Kalangan Muda Sukabumi Diharap Meningkat

Sementara itu, penanggung jawab program dan pemateri PKM Buniwangi dr. Hikmat Gumelar menjelaskan program UKS merupakan pengkaderan bagi siswa kelas IV dan V. Selain ada praktek juga beberapa materi yang diberikan, seperti perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), lingkungan sehat, cacingan, imunisasi, gizi buruk, P3K, dan cara cuci tangan.

"Mereka semuanya antusias dengan adanya kegiatan tersebut, program yang bagus mereka bisa bermain sambil belajar." jelas Hikmat.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI