Sukabumi Update

Pemdes Pondokkaso Tengah Gelar Sosialisasi Pamsimas Padat Karya Tunai

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Pondokkaso Tengah Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi Sukabumi melakukan sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Aula desa, Selasa (13/3/2018).

Program yang digagas pemerintah pusat tersebut dilakukan melalui padat karya tunai dengan tujuan untuk pencegahan gizi buruk (stunting) terhadap ibu hamil dan balita.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Ini Poin Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa se-Kabupaten Sukabumi

Kepala Desa Pondokkaso Tengah, Agun Gunawan menuturkan, pelaksanaan program ini harus melibatkan masyarakat setempat agar memperoleh hasil yang maksimal.

“Teknis pemanfaatan air bersih, nantinya setiap konsumen akan dipasang meteran air yang fungsinya untuk menghemat sumber air sekaligus mengatur pemerataan aliran ke masyarakat, selain itu juga menjaga mesin pompa agar tidak cepat rusak,” ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Sampai saat ini, kata Agun, harga pemasangan pipa sepanjang tiga kilometer akan dilakukan analisa kembali karena belum menemukan titik temu terkait harga kubikasi.

BACA JUGA: Sosialisasi Padat Karya Tunai di Ciemas Sukabumi, Ini Tujuannya

"Panitia akan membicarakan hal ini ke PDAM dan tim,” jelasnya.

Agung menambahkan, penyediaan matrial hingga pelaksanaannya dilakukan masyarakat setempat. Pasalnya kehadiran Pamsimas tersebut nantinya akan dikelola masyarakat dan bisa menjadi sumber pendapatan desa.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI