Sukabumi Update

Wow! Hanjeli Bakal Jadi Produk Pangan Unggulan Kecamatan Waluran Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang penilaian desa model 2018, Pemerintah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi bakal kembangkan tanaman hanjeli menjadi panganan lokal unggulan di wilayahnya.

BACA JUGA: Jelang Penilaian Desa Model, Desa Waluran Mandiri Sukabumi Kembangkan Pohon Hanjeli

"Salah satu pangan lokal yang ditanam warga Desa Waluran Mandiri adalah pohon hanjeli, kemarin kami melakukan panen hanjeli dan langsung praktek pengolahan," jelas Camat Waluran, Asep Mulyani kepada sukabumiupdate.com, Minggu (25/3/2018). 

Asep menambahkan, hanjeli akan dijadikan tanaman unggulan dan ciri khas di wilayahnya, selain itu juga akan menjadi andalan dalam penilaian desa model 2018.

Sementara ini, kata Asep, pengembangan pangan lokal tersebut difokuskan pada Desa Waluran karena akan menghadapi penilaian lomba desa.

BACA JUGA: Hanjeli Jadi Khas Kuliner Pajampangan Kabupaten Sukabumi

"Namun kedepannya akan disosialisasikan ke desa lainnya terutama petani ladang supaya menanam tanaman hanjeli di sela sela tanaman padi huma," jelasnya.

Manfaat hanjeli, sambungnya, selain bisa diolah kedalam beberapa varian panganan seperti peuyeum, bubur dan nasi liwet juga berfungsi sebagai penahan longsor.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI