Sukabumi Update

Sebagian Besar SMP di Kota Sukabumi Laksanakan UNBK dengan Menumpang

SUKABUMIUPDATE.com - SMP di Kota Sukabumi melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama, Senin (23/4/2018). Dari sekian banyak SMP yang ada di Kota Sukabumi, baru 30 persen yang melaksanakan UNBK secara mandiri. Sebagian besar SMP melaksanakan UNBK dengan menumpang di SMA ataupun SMK, lantaran jumlah perangkat komputer yang ada di SMP belum memadai.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi Dudi Fathul Jawad, mengatakan 30 persen sekolah yang melaksanakan UNBK secara mandiri merupakan sekolah swasta.

BACA JUGA: Korsleting Listrik Jadi Pemicu Kebakaran di Kota Sukabumi

Adapun yang menumpang UNBK didominasi SMP Negeri.

"Kebanyakan sekolah-sekolah swasta yang melaksanakan UNBK secara mandiri. Sebab, jumlah siswanya tak sebanyak dari sekolah negeri.

Jumlah siswa SMP Negeri tidak seimbang dengan komputer. Makanya menumpang di SMK ataupun SMA yang telah lengkap," paparnya.

BACA JUGA: Pemdes Caringinnunggal Sukabumi Bagikan 1.267 Kartu Tani

Hal ini tentunya menjadi evaluasi, kata Dudi, sehingga kedepanya akan diupayakan penambahan unit komputer sehingga tak menumpang lagi disekolah lain.

"Kita akan coba membeli fasilitas komputer untuk sekolah. Sehingga bisa melaksanakan di tempat mereka masing-masing," ungkapnya.

BACA JUGA: Tiang PJU di Terminal Lembursitu Sukabumi Nyetrum, Warga Diminta Menjauh

Mengenai pelaksanaan UNBK pada hari pertama, Dudi mengungkapkan berjalan lancar. Di Kota Sukabumi ada sekitar 6.000 siswa, jumlah itu termasuk SMP dan MTS negeri maupun swasta.

"Hari pertama ini berjalan lancar dan tanpa kendala apapun. Mudah-mudah terus lancar ke depannya. Apalagi pelaksanaan UNBK tersebut akan berlangsung selama empat hari," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI