Sukabumi Update

Peringati Isra Miraj, Pemdes Mandrajaya Sukabumi Gelar Istighosah dan Salurkan ZIS

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi  menggelar  istighosah dan penyaluran Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) dalam rangkaian peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW  yang dipusatkan di halaman SDN Cikadal, Senin (23/4/2018) malam.

"Rangkaian kegiatan  keagamaan yang kami laksanakan bekerjasama dengan MUI Kecamatan Ciemas. Karena pada kegiatan itu, ada pelaksanaan  Istiqosah dan penyaluran ZIS ," ujar  Kepala Desa Mandrajaya, Agustina Abdul Hasanudin, kepada sukabumiupdate.com

BACA JUGA:  Pemdes Mandrajaya Sukabumi Kembangkan Produk Makanan Hutan Mangrove

Dirinya menjelaskan, pendistribusian ZIS kali ini untuk sebanyak 34 warga Desa Mandrajaya yang menuntut ilmu agama di pondok pesantren (ponpes) salafiyah yang ada di Kabupaten Sukabumi. Adapun besaran nominalnya Rp200 ribu per orang.

Selain dari hasil pengumpulan  ZIS selama lima bulan, sambungnya, dana tersebut juga didapat dari sumbangan pribadi. Baik masyarakat maupun perangkat desa. 

“Saya pribadi menginfaqan setengah gaji  sebesar  Rp. 1,5 juta sedangkan perangkat desa lainnya sebesar  Rp100 ribu tiap bulan. Adapun masyarakat seikhlasnya,” bebernya.

Agustina menambahkan, penyaluran ZIS tersebut tak hanya untuk santri saja melainkan juga bagi  renovasi sarana ibadah seperti masjid, mushola dan tempat pengajian.

BACA JUGA: Lestarikan Budaya, Pemdes Mangunjaya Sukabumi Kembangkan Sanggar Seni

Lebih lanjut Agustina menjelaskan, kegiatan Istiqosah ini merupakan bentuk rasa syukur pada Allah SWT yang telah  memberikan potensi sumber daya alam melimpah salah satunya potensi wisata.

“Maka dari itu hal ini bagian dari upaya kami menyambut Geopark yang religius tanpa harus merusak budaya atau kebudayaan setempat serta tidak menghilangkan nilai-nilai religius," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI