Sukabumi Update

Patut Ditiru! Cara Warga Desa Cijengkol Caringin Sukabumi Perbaiki Rutilahu

SUKABUMIUPDATE.com - Apa yang dilakukan warga Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi menyikapi keberadaan rutilahu (rumah tidak layak huni) patut diacungi jempol. Tanpa banyak gaduh, warga dan pemerintah desa  mengumpulkan dana swadaya untuk membantu ibu Iyam, lansia sebatangkara yang tinggal di rumah tidak layak huni.

BACA JUGA: Patut Ditiru! Pemuda XTC Peringati Hari Jadi di Panti Sosial Aura Welas Asih

Pemdes Cijengkol dan warga hari ini, Jumat (18/5/2018) membongkar rumah tidak layak huni di Kampung Salakopi 01/11, untuk dibangun kembali. Rumah milik jompo bernama Iyam ini akan dibangun kembali oleh warga secara swadaya dan gotong-royong.

Kepala Desa Cijengkol, Haer Suhermansyah menjelaskan bahwa antusias warga untuk membantu sesama cukup tinggi. "Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut membantu perbaikan rumah mak Iyam ini," jelasnya kepada sukabumiupdate.com.

Dengan prakarsai Ketua RT dan RW,  dana yang dikumpulkan dalam waktu sepekan sudah mencapai Rp 43,3 juta. Cukup untuk membangun kembali rumah mak Iyam yang selama ini tinggal digubuk 6 x 6 meter yang sudah tak layak.

"Usaha warga dengan prakarsa pak RT Anwar,pak Rt Nawawi dan Pak RW Yusuf Artawinata, luar bisa," lanjut Haer.

Uang yang terkumpul rencananya untuk membangun rumah mak Iyam, lebih layak. "Rumah tersebut akan dibangun permanen. Apresiasi tinggi atas peran masyarakat yang telah membantu tugas pemerintah dalam rangka program pembangunan Rumah Tidak Layak Huni," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI