Sukabumi Update

Pemdes Pondokkaso Tengah Cidahu Sukabumi Bangun Jalan Penghubung Antar Desa

 

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa Pondokkaso Tengah, Kecamatan Cidahu, bangun jalan desa dengan rabat beton. Jalan desa sepanjang 1.230 di Kampung Krenceng-Cipanengah dari RT 02 hingga RT 04/04 Juga menghubungkan dengan desa lainnya.

Ini kases dari desa Pondokkaso tengah, Kecamatan Cidahu dan Desa Cipanengah, Kecamatan Bojonggenteng, yang baru direalisasikan 735 meter.

"Status jalan di perbatasan sebagai akses utama aktivitas masyarakat dari kedua desa, baik yang akan berangkat kerja maupun berjualan sehingga dapat meningkatkan roda perekonomian," tutur Kepala Desa Pondokkaso Tengah Agun Gunawan, kepada sukabumiupdate.com, Senin(23/7/2018).

Meskipun jumlah keseluruhan jalan sepanjang 1.230 meter, namun pembangunan baru terealisasi sekitar 735 meter, lebar 2,5 dengan ketebalan beton 10 centi meter. Menyerap anggaran sebesar Rp. 211.865.000, bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) Tahap II Tahun 2018.

Sisanya akan di lanjutkan pencairan tahap ke lll sekitar awal bulan Oktober 2018. Agun menambahkan, pelaksanaan pembangunan menggunakan sistem padat karya tunai, dengan 40 orang pekerja.

"Saat ini pengejaan sudah sekitar 70 persen, dan target sesuai 30 hari kalender kerja," Tuturnya.

BACA JUGA: Serap Banprov dan Dana Desa, Pemdes Waluran Mandiri Sukabumi Aspal Jalan

Respon positif berdatangan, terkait pembangunan ini.  Tokoh masyarakat setempat,  Amil Uwoh (65) mengatakan, jalan tersebut merupakan akses yang sangat penting, karena melancarkan segala aktivitas sehari-hari. 

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah desa,  sudah membuka akses bagi masyarakat," singkat Amil.

Sekdes Pondokkaso Tengah,  Dadan Ramdani meminta warga ikut menyukseskan pembangunan ini.  "Saya himbau kepada warga masyarakat serta Kepala Dusun harus turut serta dalam pekerjaan ini, karena dana desa ini bertujuan untuk peningkatan desa dan untuk kepentingan bersama”, pungkasnya.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI