Sukabumi Update

Booming Pembangunan Infrastruktur di Sukabumi dan Dunia, Mahasiswa Teknik Kian Dibutuhkan

SUKABUMIUPDATE.com - Fokus pembangunan pemerintahan pusat, provinsi, dan kabupaten/kota selama 3,5 tahun terakhir di sektor infrastruktur telah membuat kebutuhan tenaga ahli di bidang teknik meningkat.

BACA JUGA: Universitas Nusa Putra Sukabumi Akan Gelar 4th ICCED 2018 di Bangkok, Thailand

Di Kabupaten Sukabumi saja, setidaknya ada lima proyek strategis dari pemerintah pusat, di antaranya pembangunan Pelabuhan Laut Pengumpan Regional (PLPR) Palabuhanratu, jalur kereta api (KA) double track, dan jalan tol Bocimi. Menyusul pembangunan bandar udara di Cikembar, dan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) atau kincir angin.

Hal tersebut menjadi peluang bagi mahasiswa teknik Universitas Nusa Putra (NPU), terlebih menurut data Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti), hingga 2019 mendatang Indonesia kekurangan lulusan sarjana teknik S-1 dan D3 sebanyak 190.997 orang.

Selain itu, hasil studi National Science Foundation (NSF) Amerika Serikat pada 2011 menyatakan, dalam satu dekade mendatang 80 persen pekerjaan memerlukan kompetensi science, technology, engineering, dan mathematics (STEM).

Melonjaknya angka kebutuhan SDM ini tak lepas dari inovasi teknologi dan investasi infrastruktur yang terus menggeliat.

BACA JUGA: Jelang Tahun Ajaran Baru, PMII Nusa Putra Kebut Kaderisasi

“Booming pembangunan infrastruktur ini bukan hanya di Indonesia, tetapi juga dunia. Selain itu, industri juga membutuhkan tenaga ahli yang memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing dan inovatif,” jelas Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Nusa Putra Muhamad Muslih, S.T, M.Kom., kepada sukabumiupdate.com, Kamis (26/7/2018).

Disebut Muslih, kebutuhan akan mahasiswa teknik tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. “Hal tersebut dapat dilihat dari permintaan mahasiswa magang atau bekerja sambal kuliah luar negeri. Universitas Nusa Putra pada awal Bulan Juli 2018 kembali mengirim 16 mahasiswa magang internasional ke Taiwan dan Jepang.”

BACA JUGA: Universitas Nusa Putra Sukabumi Kembali Kirim Mahasiswa Magang Internasional ke Taiwan dan Jepang

Lebih jauh, Muslih menjelaskan, ratusan mahasiswa universitas yang berkampus di Jl. Cibolang Raya, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, yang akan diwisuda pada 30 Agustus 2018 yang akan datang di Gedung Anton Sujarwo, Kota Sukabumi, 100% akan diserap dunia kerja.

“Akhir Bulan Agustus ini Universitas Nusa Putra akan mewisuda mahasiswa angkatan 2017/2018, di Ge-dung Anton Sujarwo. Semua mahasiswa yang akan diwisuda sudah siap bekerja menghadapi per-saingan global,” tandasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI