Sukabumi Update

Wakili Jabar, PKK Pemdes Pasirhalang Sukabumi Gelar Lomba Cerdas Cermat Iva Tes

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagai cara dilakukan Pemerintah Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi untuk mengedukasi kaum ibu tentang kanker serviks. Salah satunya dengan lomba cerdas cermat, yel-yel serta cipta menu makanan bebas 4P (pewarna, perasa,penyedap dan pengawet), yang digelar Sabtu (11/8/2018) di aula Kantor Desa Pasirhalang. 

Kepada sukabumiupdate.com, Kepala Desa Pasirhalang Yusuf Poernama mengatakan ini adalah persiapan Lomba Desa Model Tingkat Nasional, sebagai wakil Provinsi Jawa Barat. Desa Pasirhalang ikut dalam dua kategori, yaitu Pelayanan Iva Test (kanker serviks) secara dini dan kategori Pemberdayaan Usaha mikro atau UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga).

Untuk kategori Pelayanan Iva Test, Pemdes Pasirhalang telah mendirikan Kampung BERKAS (Bebas Resiko Kanker) yang ada di Kampung Tugu. Desa Pasirhalang meraih juara satu tingkat Kabupaten pada bulan Juni 2017 silam, dan menyabet peringkat pertama untuk tingkat Provinsi Jabar yang digelar bulan Juli 2017.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan ini, kami mewakili Jawa Barat dan insyaallah kami siap,” tutur Yusuf.

BACA JUGA: Pemdes Pasirhalang Sukabumi Bagikan Insentif RT dan RW

Tim verifikasi dari Kemendagri bersama tim penggerak PKK pusat, akan menilai langsung dua kategori ini di Desa Pasirhalang pada tanggal 20 Agustus 2018 mendatang. “Kita sudah berkordinasi dengan kecamatan dan pemkab untuk ikut bersama-sama memenangkan dua kategori ini ditingkat nasional,” sambungnya.

Sementara itu, Camat Sukaraja Yudi Mulyadi kepada sukabumiupdate.com, menyatakan siap mendukung penuh Desa Pasirhalang dalam penilaian ini. “Kita semua bangga Desa Pasirhalang jadi wakil Jawa Barat, dan kita harus mendukung agar bisa tampil sebagai pemenang ditingkat nasional. Mengharumkan nama Kabupaten Sukabumi.”

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI