Sukabumi Update

Selain Banyak Khasiat, Ini Alasan Pemdes Nagrak Utara Sukabumi Budidaya Labu Air

SUKABUMIUPDATE.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Nagrak Utara Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi tengah melakukan budidaya buah labu air atau dikenal juga dengan buah kukuk di area taman kantor desa.

Kepala Desa Nagrak Utara Basroh Ramdansyah mengatakan selain sebagai bahan dasar olahan pasakan, buah tersebut juga ternyata memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh seperti untuk mengobati panas dalam, sariawan, sembelit, typus, asama, perekat tulang serta dapat mencegah resiko terkena kanker dan jantung.

“Mungkin warga juga sudah mengenal buah ini karena suka dijual di pasar, tapi kalau manfaatnya pasti  belum tentu semua warga tahu,” ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (5/9/2018).

Tujuan melakukan budidaya labuh air ini, kata Basroh, untuk memotivasi sekaligus meningkatkan perekonomian warga dengan cara memanfaatkan lahan yang terbatas. Pasalnya selain untuk dikonsumsi sendiri juga bisa menjadi penghasilan tambahan keluarga.

“Karena dengan menanam buah labuh ini selain dapat penghasilan tambahan, juga bisa menolong orang,” tuturnya.

BACA JUGA: Dukung Perekonomian Warga, Pemdes Bencoy Sukabumi Aspal Jalan

Dikatakan Basroh, nantinya jenis sayuran tersebut dikelola tim PKK dan akan dibina oleh penyuluh pertanian mengenai  teknis pembudidayannya.

“Ada beberapa jenis tanaman sayuran yang dikembangkan di area taman kantor desa, tetapi yang paling diminati warga yaitu tanaman kukuk,” pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI