Sukabumi Update

Teaching Factory SMKN 4 Kota Sukabumi, Tarif Servis Motor Cuma Rp 5.000

SUKABUMIUPDATE.com - Perawatan rutin kendaraan menjadi hal yang perlu dilakukan untuk menjaga performa mesin agar tetap nyaman dan aman saat dikendarai. Bicara soal perawatan sepeda motor sudah pasti erat kaitanya dengan mekanik dan bengkel.

Ada satu bengkel di Kota Sukabumi yang mekaniknya masih berstatus pelajar yaitu bengkel milik SMK Negeri 4 Kota Sukabumi. Di bengkel ini untuk jasa servis cukup membayar sebesar Rp 5.000.

"Ini masuk ke dalam proses belajar dan karena ini program pemerintah juga yaitu 'Teaching Factory' tentu dibagi tugasnya pada setiap murid ada yang menjadi mekanik, kepala bengkelnya dan ini pun bergantian setiap kelas ketika ada pelajaran jurusan," ungkap Kepala Jurusan, Kurnia Setiawan (41 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Rabu (3/10/2018).

Menurut Kurnia, kegiatan yang sudah berjalan selama tiga bulan ini membuat masyarakat terbantu. Setiapo hari, bengkel ini bisa melayani sedikitnya sepuluh unit sepeda motor. Tak hanya dilakukan di bengkel sekolah, siswa SMK Negeri 4 Kota Sukabumi ini juga membuka servis kunjungan ke sekolah lain.

Siswa yang melakukan servis merupakan siswa yang sudah dibekali dengan cukup ilmu mengenai sepeda motor. Mereka dipercaya oleh pihak sekolah dan dibuatkan bengkel untuk mengadakan kegiatan ini.

BACA JUGA: Tiga Siswa SMKN 1 Sagaranten Sukabumi Prakerin di sukabumiupdate.com

Ada alasan tertentu kenapa mereka memasang harga dengan tarif yang ekonomis itu, Kurnia mengungkapkan ada syarat dan ketentuan khusus yang bisa mendapatkan pelayanan servis murah ini.

"Memang ada, sepeda motor harus produk dari Honda dan itu hanya untuk biaya perawatannya saja. Kalau harus ada komponen yang diganti itu konsumen yang membeli sendiri, kita hanya membantu meringankan masyarakat dengan mengandalkan murid dari sekolah kami," tambahnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI