Sukabumi Update

Pemdes Ciwaru Siapkan Homestay Nyaman untuk Wisatawan di Geopark Ciletuh

SUKABUMIUPDATE.com - Berada di zona inti GNCP (Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu) Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi salah satu tujuan wisatawan. Pemerintah Desa (Pemdes) Ciwaru terus mensinergiskan warga untuk mendukung aset wisata ini salah satunya dengan mendorong Ikatan Homestay Ciletuh (IHC), untuk menyiapkan fasilitas penginapan yang nyaman bagi pengunjung.

IHC dibentuk pada tanggal 23/10/2015 silam, mengakomodir warga sekitar teluk Ciletuh dan sekitarnya yang menyewakan rumahnya untuk kebutuhan penginapan wisatawan. Saat ini sedikitnya sudah ada 102 unit homestay yang siap melayani kebutuhan pengunjung yang ingin menginap di kawasan Ciletuh dan sekitarnya.

Homestay yang dikelola oleh IHC yang berada di Geopark Ciletuh Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. |Sumber Foto: Ragil Gilang.

Ketua IHC yang sekaligus Kaur Perencanaan Pembangunan Desa Ciwaru Yudi Mulyadi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (06/10/2018) menjelaskan karena berbasis rumah warga pesisir pantai, homestay di Ciletuh memberikan nuansa berbeda bagi wisatawan.

BACA JUGA: Semarakkan Hari Jadi Desa, Pemdes Ciwaru Sukabumi Gelar Pawai dan Tablig Akbar

Ukurannyapun hampir seragam, unit rumah dengan dua kamar dan ada juga tiga kamar, ruang tamu, dapur dan kamar mandi. “Harga per satu malam dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 1 juta tergantung fasilitas, ada AC, Non AC, Wifi dan TV,” sambung Yudi.

Bagi wisatawan atau pengunjung yang ingin mengetahui atau membooking homestay ini bisa melalui IHC di Kantor Desa Ciwaru.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI