Sukabumi Update

Ribuan Anak PAUD Sukabumi Belajar Manasik Haji

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan anak PAUD berpakaian ihram memadati halaman Gor Venue Tinju Palabuhanratu, Jalan Jendral Ahmad Yani, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Sabtu (20/10/2018).

Mereka mengikuti praktik manasik haji yang diselenggarakan Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten sukabumi.

"Ini kegiatan manasik yang ke 10 kali, diikuti oleh lima kecamatan, yakni Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan dan Bantargadung dengan jumlah peserta semuanya masing masing kecamatan itu berbeda, total semua yang datang itu 4.500 peserta," ujar Aris Gundara Ketua pelaksana manasik haji.

Lebih lanjut, Aris mengatakan, selain kegiatan manasik haji juga ada penggalangan dana untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala Sigi Provinsi Sulawesi.

"Ada sumbangan dari para orang tua peserta manasik haji yang nantinya akan di sumbangkan melalui organisasi Himpaudi," ujarnya.

Ketua Himpaudi Kabupaten Sukabumi Emi Ruhaemi menambahkan tujuan diadakan kegiatan manasik haji ini untuk menanamkan nilai agama dan moral sejak di usia dini.

BACA JUGA: 1150 Siswa MAN 3 Sukabumi Ikuti Lomba Manasik Haji

"Kegunaan manasik ini kalau di lembaga program kerja yang diadakan satu tahun sekali tujuannya menanamkan nilai agama dan moral, jadi anak tidak hanya ditanya haji tuh seperti apa sih? tapi ada simulasinya, juga sebagai ajang silaturahmi para orang,' kata Emi.

Emi mengungkapkan, kegiatan ini sifatnya tidak wajib.

"Bagi orang tua yang mau ikut silahkan ga juga ga apa apa, dan tidak boleh ada paksaan," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI