Sukabumi Update

Kompak, Warga Desa Tangkil Sukabumi Bersihkan Sumber Air yang Longsor

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Desa Citangkil, Ijang Sehabudin mengajak warganya bergotong royong membersihkan sisa longsor tebing setinggi 10 meter di Kampung Cidahu Tonggoh RT 14/05 Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Pasalnya reruntuhan tanah longsor mengakibatkan beberapa kampung dan puluhan hektar sawah tak tersaluri air.

“Longsor terjadi pada, Selasa 4 Desember 2018 yang lalu, saat itu hujan lebat dan tiba-tiba aliran air ke warga tidak mengalir. Setelah dicek ternyata sumber air Citaman tertimbun longsor,” ujar Kepala Desa Tangkil, Ijang Kepada sukabumiupdate.com, Senin (10/12/2018).

Oleh karena itu, Ijang bersama dengan segenap warga bergotong royong membersihkan tumpukan tanah yang menutupi aliran sungai tersebut. “Saat kejadian juga kami langsung mengajak warga untuk membersihkan material longsor, dengan membawa peralatan termasuk pompa air,” paparnya.

Sampai saat ini, Ijang bersama warganya masih bergotong royong agar aliran sungai kembali mengalir seperti biasanya. Namun ia menghentikan sementara evakuasi material longsoran mengingat hari mulai sore, dilakukan kembali esok harinya.

"Kami sudah berupaya tapi sampai saat ini aliran air belum normal, sebab perlu perbaikan secara permanen dengan anggaran yang cukup besar," keluhnya.

BACA JUGA: Perumahan Cidahu Royal Residance Sukabumi, Tak Buat Masyarakat Pusing Soal DP

Ijang mengaku, telah melaporkannya ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi. Bahkan BPBD telah meninjau langsung lokasi serta sempat berjanji akan memberikan bantuan berupa bronjong.

“Walaupun sampai saat ini bantuan itu belum ada, kami tetap berupaya bersama warga membersihkan material tanah yang menghalangi aliran air ke lahan masyarakat,” tandasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI