Sukabumi Update

Cara Desa Tenjojaya Kabupaten Sukabumi Ciptakan Lapangan Kerja Baru

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 15 pemuda di Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, mengikuti pelatihan keterampilan las listrik dan las karbit di depan kantor desa. Pelatihan las tersebut merupa program pemberdayaan masyarakat Desa Tenjojaya yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap III tahun 2018.

”Peserta 15 orang perwakilan dari tiga kedusunan, yaitu Tenjojaya, Cikuya dan Panenjoan,” ujar Ketua Pelaksana Pelatihan Las, Badra Yuda Irawan kepada sukabumiupdate.com, Senin (17/12/2018).

BACA JUGA: Terpilih, Ini PAW Kepala Desa Tenjojaya Cibadak Sukabumi

Sasasaran dari Program ini, kata Badra untuk meningkatkan keterampilan pemuda, mengurangi angka penganguran dan juga agar setiap pemuda di Desa Tenjojaya mempunyai skill (keahlian) dalam menghadapi industri 4.0. Tidak hanya itu, pelatihan itu pun, untuk menumbuhkan jiwa wirausaha. Sedangkan, tindak lanjut kedepannya, pelatihan itu akan dijadikan unit usaha Bumdes.

”Semua ini, intinya untuk menyerap tenaga kerja dari peserta yang diberikan pelatihan las ini. Jika, para peserta ingin membuka usaha, nanti kita dorong dan juga yang ingin bekerja didorong juga, sampai mendapatkan pekerjaan,” ucapnya.

BACA JUGA: Simak! Ini Tiga Calon PAW Kepala Desa Tenjojaya Sukabumi

Kepala Desa Tenjojaya, Jamaludin Azis menambahkan pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama 7 hari kerja. Hal itu untuk memaksimalkan para peserta benar-benar memahami dan bisa dalam mengoperasikan mesin las.

"Angggaran yang dikeluarkan dari DD tahun 2018 tahap III, yaitu sebesar Rp15.559.651 . Kalau pelatihnya dari BLK Kabupaten Sukabumi,” singkatnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI