Sukabumi Update

Dulu Tempat Sampah Liar, Kini Jadi Taman Legok Jodoh di Tenjolaya Cicurug Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kotor dan bau itulah kondisi salah satu sudut jalan kabupaten yang berada di Kampung Pangkalan RT 02/02, Desa Tenjolaya, Kecamatan Cucurug. Tempat sampah liar ini kemudian disulap warga, bersama pemerintah desa dan pihak swasta sekitar menjadi taman yang asri.

Awalnya, area badan jalan tersebut dijadikan tempat membuat sampah warga yang melintas. Bau, kotor dan tentunya mengundang penyakit.

Spanduk bertuliskan larangan membuang sampah yang dipasang di lokasi tersebut mampu menyetop kebiasaan jorok warga. "Kita lakukan pendekatan dengan para tokoh supaya bagaimana tidak menjadi tempat penampungan sampah kembali, akhirnya kita benahi manajemen sampah setiap seminggu sekali, dari situ kita kumpulkan disatu ke RTan lalu kita angkut, " jelas kepala desa Tenjolaya, Aryo Bangun Adinoto kepada sukabumiupdate.com, Selasa (5/3/2019).

BACA JUGA: Disperkimsih Kabupaten Sukabumi Minta Masyarakat Sadar Kebersihan Lingkungan

Setelah manajemen sampah berjalan, lokasi tempat sampah liar ini akhirnya dibangun dan dipercantik menjadi taman desa. Namanya taman legok jodoh, yang saat ini mempercantik sudut jalan tersebut.

“Kita berharap ini dijaga bersama, termasuk membangun budaya bersih sehat dengan membuang sampah pada tempatnya,” pungkas kades.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI